NEVI, KURNIA DEWI (2020) ANALISA KINERJA RUAS JALAN AKIBAT KEBERADAAN TEMPAT PENDIDIKAN DAN PERDAGANGAN (Studi Kasus Jalan Pejanggik KM 2 Kota Mataram). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
Text
01 COVER - BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
02 BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) | Request a copy |
|
Text
03 BAB V- LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jalan Pejanggik km 2 kota Mataram merupakan wilayah yang sangat dekat dengan proses kegiatan masyarakat sehari hari mulai dari pagi hingga malam hari, karna letaknya yang dekat dengan tempat perdagangan dan tempat pendidikan di kota mataram khususnya dijalan pejanggik km 2. Semakin banyaknya ruko-ruko perdagangan serta wilayah pendidikan menjadikan volume kendaraan yang melintas juga bertambah. Jalan Pejanggik km 2 juga merupakan jalan yang banyak menghubungkan jalan- jalan lainnya di kota mataram sehingga banyak jalan pembelokan yang menembus jalan –jalan lainnya seperti jalan Panca Usaha dan jalan Bung Hatta. Sehingga banyak kendaraan yang ingin masuk ataupun yang keluar dari jalan pejanggik km 2. Penelitian dilakukan selama 3 hari yaitu pada hari Senin 22 Juni 2020, Rabu 24 Juni 2020, dan Jumat 26 Juni 2020 yaitu pada saat virus covid 19 sudah masuk ke Kota Mataram. Pengambilan data diambil secara langsung dilapangan, untuk mencari volume lalu lintas, dan hambatan samping. Selanjutnya dilakukan analisa data yaitu untuk mencari volume total lalu lintas dan hambatan samping, yang kemudian dari perhitungan tersebut kita dapat memperoleh volume jam puncak dari tiga hari penelitian yaitu terjadi pada hari senin 22 Juni 2020 pukul 08.30-09.30. Selanjutnya dari perhitungan volume jam puncak diperoleh nilai sebesar 1716 smp/jam dan hambatan samping yaitu sebesar 489 smp/jam berada dikelas sedang. Kemudian dari hasil volume arus lalu lintas jam puncak dan hambatan samping kita dapat menghitung nilai kapasitas diperoleh nilai sebesar 3015 smp/jam < Co (3300) sesuai menurut ketentuan MKJI, dan kecepatan rata-rata kendaraan sebesar 51 km/jam dan derajat kejenuhannya 0.56 < 0,75 sesuai menurut MKJI yang artinya bahwa jalan pejanggik km 2 tersebut masih dapat melayani kendaraan yang lewat dengan baik, dengan kondisi lalu lintas atau tingkat pelayanan jalan C yang artinya arus stabil, tetapi kecepatan dan gerak kendaraan dikendalikan, pengemudi dibatasi dalam memilih kecepatan .
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Hambatan Samping, Kapasitas, Derajat Kejenuhan. | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 625 Teknik Rel Kereta Api dan Jalan Raya | |||||||||
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil | |||||||||
Depositing User: | Mariana Rahmawati | |||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2020 04:06 | |||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2020 04:06 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
View Item |