PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH BOLO KAB. BIMA

Nurfitriyani, Nurfitriyani (2019) PERSEPSI GURU TENTANG PEMBELAJARAN LITERASI UNTUK MENINGKATKAN NILAI MORAL SISWA DI SMP MUHAMMADIYAH BOLO KAB. BIMA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-III.pdf

Download (779kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Problem kemerosotan moral akhir-akhir ini mempengaruhi sebagian generasi muda. Gejala kemerosotan moral antara lain diindikasikan dengan merebaknya kasus penyalahgunaan narkoba, pergaulan bebas, kriminalitas, kekerasan dan aneka perilaku kurang terpuji lainnya. Di lain pihak, tak sedikit dari generasi muda yang gagal menampilkan akhlak terpuji (akhlak mahmudah) sesuai harapan orang tua. Kesopanan dan sifat ramah, tenggang rasa, rendah hati, suka menolong, solidaritas sosial dan sebagainya yang merupakan jati diri bangsa berabad-abad seolah-olah kurang begitu melekat secara kuat dalam diri mereka.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitiankualitatifdengan pendekatan deskriptif kualitatif.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode Analisis Data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah dengan tahapan-tahapan sebagai berikut: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian persepsi guru di SMP Muhammadiyah Bolo Kab.Bima pelaksanaan pembelajaran Literasi Sekolah dapat disimpulkan bahwa guru memiliki kecenderungan persepsi cukup positif.Dimana hasil persepsi cukup positif karena memiliki faktor pribadi yang baik dan faktor objek yang halus.Namun faktor yang paling berpengaruh adalah faktor fungsional atau faktor pribadi, karena literasi sesuai dengan kepribadian guru untuk menumbuhkan dan meningkatkan karakter bangsa. Kata kunci: Persepsi, Literasi, Nilai Moral.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerWayan, Resmini[email protected]
ReviewerAbdul, SakbanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wahyuni Wahyuni
Date Deposited: 27 Nov 2019 03:51
Last Modified: 05 Jul 2021 03:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item