PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELALAJAR SISWAPADA KELAS IV DI SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023

AMINSYAH, AMINSYAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELALAJAR SISWAPADA KELAS IV DI SDN 20 AMPENAN TAHUN AJARAN 2022/2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (978kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V- LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (similarity check)
AMINSYAH 118180025 (1).docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari perkembangan teknologi informasi beberapa tahun terakhir berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi, sala satunya daerah yang memiliki dampak signifikan terhadap pembangunan teknologi ini adalah bidang pendidikan.Penggunaan media menggunakan Program Adobe Flash diharapkan dapat meningkatkan Kualitas pembelajaran.Media yang dikembangkan adalah animasi yang berkaitan dengan konsep sains.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pengembangan media pembelajaran IPA berbasis multimedia interaktif menggunakan adobe flash Untuk Meningkatkan Hasil Belalajar Siswa pada kelas IV di SDN 20 Ampenan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (RnD) yang bersifat deskriptif dan menggariskan pada langkah-langkah pengembangan dari Sugiyono yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain produk, 6) uji coba skala terbatas, 7) revisi produk, 8) uji coba pemakaian, 9) revisi produk, 10) produksi media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Langkah-langkah pengembangan media pembelajaran Adobe Flash CS6 untuk materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan ini disesuaikan dengan langkah penelitian yang benar, sehingga media animasi ini dapat digunakan dalam proses belajar mengajar, 2) media animasi dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, 3) media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan kriteria validitas media pembelajaran dari tanggapan validator, 4)media pembelajaran dianggap praktis berdasarkan hasil tanggapan guru dan peserta siswa, dan 5) media pembelajaran dinyatakan efektif digunakan materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanan kelasIV yang diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata N-Gain 0,59 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Thesis advisorSUKRON, FUJIATURRAHMANnidn0827079002
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan, Kelas IV SD
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Pengetahuan
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Aminsyah Aminsyah
Date Deposited: 14 Sep 2022 06:50
Last Modified: 14 Sep 2022 06:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/5631

Actions (login required)

View Item View Item