TRANSPARANSI PELAYANAN ELEKTONIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2018

DANI, ARDIANSYAH (2019) TRANSPARANSI PELAYANAN ELEKTONIK KARTU TANDA PENDUDUK (E-KTP) DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SUMBAWA TAHUN 2018. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Transparansi Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Tahun 2018 (Study Kasus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupatenn Sumbawa). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah Tranparansi Pelayanan E-KTP Pada Dinas DUKCAPIL Kabupaten Sumbawa. 2). Apa Sajakah Faktor Yang Mempengaruhi Tranparansi Pelayanan E-KTP Pada Dinas DUKCAPIL Kabupaten Sumbawa. Pendekatan yang di lakukan oleh penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di DUKCAPIL Kabupaten Sumbawa. Sumber data yaitu sumber data Primer dan Skunder. Berdasarkan hasil dan pembahasan maka dapat disimpulkan antara lain bahwa: program Tranparansi Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa Tahun 2018 Telah berjalan cukup baik namun terdapat beberapa hambatan atara lain: 1.) Fasilitas yang kurang memadai dalam pembuatan Elektronik Kartu Tanda Penduduk. 2.) Pelaporan dan Penyebaran informasi belum mendapatkan tanggapan baik dari masyarakat hal ini di buktikan dengan masih banyak masyarakat yang membuat E-KTP. 3.) Bukti Fisik yang masih kurang baik itu penampilan, lingkungan, yang masih belum memadai sehingga akan mengahambat proses pelayanan E-KTP tersebut. 4.) Kehandalan atau di sebut (Reliability) yaitu Masih kurang inten dalam mejalankan komunikasi dan koordinasi antara instansi terkait seperti Camat dan Desa dan jumlah pegawai yang hanya berjumlah 4 (empat) orang dan memiliki tigkat pendidikan Sekolah Menegah Atas dan ada yang mendapatkan Gelar Sarjana S1. Dari kendala yang dihadapi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa diatas Maka adapun saran dari peneliti yaitu: 1.) Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sumbawa perlu melakukan pembentukan budaya organisasi yang mendukung terujudnya kumitmen yang tinggi dari aparatnya dalam pelaksanaan pelayanan publik. 2.) Pemberian sangsi yang tegas terhadap pegawai aparat yang tidak disiplin dan pelanggaran lainya. 3.) Keaktifan dalam bentuk pengawasan pelayanan kepada seluruh unit kerja pelayanan aparat di Dinas Capil. 4.) Pembinaan dan bimbingan teknis oleh seluruh kepala SKPD Kabupaten Sumbawa secara berkesinambungan dalam upaya meningkatkan motivasi kerja petugas dan pengembangan sumber daya manusia pada tenaga pegawai. 5.) Peran serta masyaarakat perlu terus ditingkatkan melalui upaya sosialisasi pentingnya kepemilikan E-KTP. 6.) Kualitas sumber daya manusia memang yang paling mendasar selain sarana dan prasarana yang perlu terus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas sesuai dengan kebutuhan daerah atau Dinas terkait.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0806066801
Thesis advisorYUDHI, LESTANATAnidn0827118801
Uncontrolled Keywords: Transparansi Pelayanan E-KTP
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300.6 Organisasi dan Manajemen di Bidang Ilmu Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Soadikin
Date Deposited: 06 Dec 2019 03:10
Last Modified: 28 Jun 2021 03:50
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/312

Actions (login required)

View Item View Item