STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN DALAM MELIBATKAN ALUMNI UNTUK MEMPROMOSIKAN PONDOK PESANTREN NURUL QUR'AN PRAYA LOMBOK TENGAN

ARIANA, WENI (2021) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI PESANTREN DALAM MELIBATKAN ALUMNI UNTUK MEMPROMOSIKAN PONDOK PESANTREN NURUL QUR'AN PRAYA LOMBOK TENGAN. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER- BAB III.pdf

Download (944kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (834kB)
[img] Text
Similarity Check (Hasil Cek Plagiasi).pdf

Download (47MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilakukan dengan melihat daya saing pondok pesantren yang semakin beragam dikarenakan jumlah pesantren meningkat di setiap tahunnya, untuk itu Nurul Qur’an dalam mempromosikan pesantren juga meilibatkan alumni.Sehingga peneliti tertarik untuk membahas dan meneliti skripsi yang berjudul: “Strategi Komunikasi Organisasi Pesantren dalam Mempromosikan Pondok Pesantren Nurul Qur’an Praya Lombok Tengah. Dengan permasalahan: (1) Bagaimana strategi komunikasi organisasi pesantren dalam melibatkan alumni untuk mempromosikan pondok pesantren Nurul Qur’an? (2) Apa saja yang dilakukan oleh alumni dalam mempromosikan pondok pesantren?” Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi organisasi modern yakni beradaptasi dengan lingkungan dimana organisasi itu berada yang sesuai dengan minat masyarakat.Metodelogi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi.Adapun subjek penelitian ini adalah Organisasi Pondok Pesantren Nurul Qur’an.Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan strategi komunikasi pesantren dalam melibatkan alumni untuk mempromosikan pondok adalah dengan Membentuk jami’ah atau kelompok pengurus ILMINA, Alumni menjaga hubungan baik dengan pihak pesantren, membangun komunikasi yang baik antar alumni, membuat akun media sosial ILMINA, ikut serta dalam kegiatan pondok. Kemudian alumni dalam mempomosikan pondok yakni dengan mengikuti semua akun media sosial pondok seperti facebook, instagram dan youtube, me-repost postingan pondok dan pengurus ILMINA di media sosial masing-masing alumni, mengadakan acara khusus alumni di pondok maupun di luar pondok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSUWANDI, SUWANDI0814067001
Thesis advisorRAHMAWATI, ENDANG0802018802
Uncontrolled Keywords: Komunikas Organisasi, Alumni, Promosi, Pondok Pesantren
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: WENI ARIANA
Date Deposited: 06 Sep 2021 04:00
Last Modified: 06 Sep 2021 04:00
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2907

Actions (login required)

View Item View Item