NURAINI, NURAINI (2021) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD PADA MATERI BANGUN RUANG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (COVER-BAB III) COVER-BAB III.pdf Download (7MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB IV) BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (BAB V-LAMPIRAN) BAB V-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) | 
| ![[img]](http://repository.ummat.ac.id/style/images/fileicons/text.png) | Text (SIMILARITY CHECK) PENGEMBANGAN_MODUL_BERBASIS_ETNOMATEMATIKA_UNTUK_M.pdf Restricted to Repository staff only Download (27MB) | Request a copy | 
Abstract
Pengembangan modul pembelajaran merupakan suatu sarana untuk memudahkan siswa belajar secara mandiri dan dapat membantu siswa dalam memahamkan pembelajarannnya, lebih khusus pada siswa SD kelas V pada materi bangun ruang. Subjek uji coba pada penelitian ini terdiri dari 2 subjek, (1) subjek uji coba terbatas dilakukan pada siswa kelas VI SDN Rehak yang berjumlah 7 orang, (2) subjek uji coba lapangan dilakukan pada siswa kelas V SDN Rehak yang berjumlah 12 orang. Penelitian ini bertujuan “untuk mengembangkan modul berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD yang memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode pengembangan (R&D) dengan model penelitian 4D adalah tahap pendefinisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), tahap penyebaran (Disseminate). Hasil penilaian adalah penilaian dari 3 validator ahli dan 3 dari validator praktisi pendidikan maka memperoleh presentasi 87,1% dikategorikan sangat valid, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba terbatas maka memperoleh nilai 75,5% dikategorikan praktis, penilaian dari hasil angket respon siswa uji coba lapangan maka memperoleh nilai 81,8% dikategorikan praktis, dan penilaian dari hasil tes ketuntasan belajar siswa maka memperoleh presentasi 91,6% dalam kategori sangat efektif.
| Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors: | 
 | |||||||||
| Uncontrolled Keywords: | pengembangan, model etnomatematika, hasil belajar. | |||||||||
| Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
| Depositing User: | NURAINI NURAINI | |||||||||
| Date Deposited: | 24 Aug 2021 04:21 | |||||||||
| Last Modified: | 24 Aug 2021 04:21 | |||||||||
| URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/2618 | 
Actions (login required)
|  | View Item |