MUHAMMAD, RIZKI (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL BELAJAR MANDIRI (MBM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 7 SILA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (780kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan pembelajaran mandiri, siswa diberikan otonomi dalam mengelola belajarnya yang nantinya mengarah pada kemandirian belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan model belajar mandiri (MBM) dalam peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan test soal essay. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa: Model pembelajaran mandiri merupakan model yang menyebabkan siswa memiliki inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, untuk menganalisis kebutuhan belajarnya sendiri, merumuskan tujuan belajarnya sendiri, mengidentifikasi sumber-sumber belajar, memilih dan melaksanakan strategi belajar yang sesuai serta mengevaluasi hasil belajarnya sendiri. Dalam proses metode pembelajaran mandiri ini ada beberapa langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pembelajaran yaitu : 1. Menetapkan tujuan Pembelajar, 2. Membuat rencana Pembelajar, 3. Mengikuti rencana dan mengukur kemajuan diri, 4. Membuahkan hasil akhir Pembelajar, 5. Menunjukkan kecakapan melalui penilaian autentik. Penggunaan model belajar mandiri (MBM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 7 Sila Tahun Pelajaran 2024/2025. Ini terlihat dari adanya peningkatan perolehan nilai rata-rata prestest 78,13 dan posttest 82,86.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Belajar Mandiri (MBM), Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Bahasa Indonesia | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Rizki | |||||||||
Date Deposited: | 16 Oct 2025 01:47 | |||||||||
Last Modified: | 16 Oct 2025 01:47 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13702 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |