ANALISIS PENGGUNAAN MODEL BELAJAR MANDIRI (MBM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 7 SILA

MUHAMMAD, RIZKI (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL BELAJAR MANDIRI (MBM) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA SD NEGERI 7 SILA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan pembelajaran mandiri, siswa diberikan otonomi dalam mengelola belajarnya yang nantinya mengarah pada kemandirian belajar. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penggunaan model belajar mandiri (MBM) dalam peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu: metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan test soal essay. Analisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat ditarik kesimpulan bahwa: Model pembelajaran mandiri merupakan model yang menyebabkan siswa memiliki inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, untuk menganalisis kebutuhan belajarnya sendiri, merumuskan tujuan belajarnya sendiri, mengidentifikasi sumber-sumber belajar, memilih dan melaksanakan strategi belajar yang sesuai serta mengevaluasi hasil belajarnya sendiri. Dalam proses metode pembelajaran mandiri ini ada beberapa langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pembelajaran yaitu : 1. Menetapkan tujuan Pembelajar, 2. Membuat rencana Pembelajar, 3. Mengikuti rencana dan mengukur kemajuan diri, 4. Membuahkan hasil akhir Pembelajar, 5. Menunjukkan kecakapan melalui penilaian autentik. Penggunaan model belajar mandiri (MBM) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 7 Sila Tahun Pelajaran 2024/2025. Ini terlihat dari adanya peningkatan perolehan nilai rata-rata prestest 78,13 dan posttest 82,86.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdilah, Abdilahnidn0824048301
Thesis advisorSyafruddin, Muhdarnidn0813078701
Uncontrolled Keywords: Model Belajar Mandiri (MBM), Hasil Belajar Siswa, Pelajaran Bahasa Indonesia
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muhammad Rizki
Date Deposited: 16 Oct 2025 01:47
Last Modified: 16 Oct 2025 01:47
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13702

Actions (login required)

View Item View Item