MUSAOQI, MUSAOQI (2025) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU MATARAM TAHUN AJARAN 2024-2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan strategi reciprocal teaching dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa di SMP IT Bukit Qur’an Nusantara Mataram dan untuk mengetahui penilaian evaluasi penggunaan strategi reciprocal teaching dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Bukit Qur’an Nusantara Mataram. Strategi ini merupakan pendekatan kolaboratif yang melibatkan empat langkah utama: merangkum, mengajukan pertanyaan, menjelaskan, dan memprediksi isi bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan penggunaan strategi reciprocal teaching dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: (1) kegiatan pendahuluan yang meliputi penilaian awal dan pembagian siswa ke dalam kelompok, (2) kegiatan inti yang mencakup membaca teks, memprediksi, menjelaskan, mengajukan pertanyaan, serta merangkum, dengan ciri utama kerja sama dan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sementara guru berperan sebagai fasilitator, dan (3) kegiatan penutup berupa perangkuman poin-poin penting dengan penekanan pada bagian yang sulit dipahami siswa. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui diskusi, presentasi, tugas, serta tes awal dan akhir. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif siswa, kemampuan memahami isi bacaan. Selain itu, strategi ini juga berkontribusi pada pengembangan sikap kritis, komunikatif, kreatif, dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | STRATEGI PEMBELAJARAN, RECIPROCAL TEACHING, KETERAMPILAN MEMBACA, BAHASA ARAB. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Musaoqi Musaoqi | |||||||||
Date Deposited: | 23 Sep 2025 02:25 | |||||||||
Last Modified: | 23 Sep 2025 02:25 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |