PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU MATARAM TAHUN AJARAN 2024-2025

MUSAOQI, MUSAOQI (2025) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU MATARAM TAHUN AJARAN 2024-2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penggunaan strategi reciprocal teaching dalam pembelajaran Bahasa Arab siswa di SMP IT Bukit Qur’an Nusantara Mataram dan untuk mengetahui penilaian evaluasi penggunaan strategi reciprocal teaching dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Bukit Qur’an Nusantara Mataram. Strategi ini merupakan pendekatan kolaboratif yang melibatkan empat langkah utama: merangkum, mengajukan pertanyaan, menjelaskan, dan memprediksi isi bacaan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan penggunaan strategi reciprocal teaching dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu: (1) kegiatan pendahuluan yang meliputi penilaian awal dan pembagian siswa ke dalam kelompok, (2) kegiatan inti yang mencakup membaca teks, memprediksi, menjelaskan, mengajukan pertanyaan, serta merangkum, dengan ciri utama kerja sama dan pembelajaran yang berpusat pada siswa, sementara guru berperan sebagai fasilitator, dan (3) kegiatan penutup berupa perangkuman poin-poin penting dengan penekanan pada bagian yang sulit dipahami siswa. Evaluasi pembelajaran dilakukan melalui diskusi, presentasi, tugas, serta tes awal dan akhir. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan partisipasi aktif siswa, kemampuan memahami isi bacaan. Selain itu, strategi ini juga berkontribusi pada pengembangan sikap kritis, komunikatif, kreatif, dan kemampuan bekerja sama dalam kelompok.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0814067001
Uncontrolled Keywords: STRATEGI PEMBELAJARAN, RECIPROCAL TEACHING, KETERAMPILAN MEMBACA, BAHASA ARAB.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Musaoqi Musaoqi
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:25
Last Modified: 23 Sep 2025 02:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13662

Actions (login required)

View Item View Item