PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI YOUTUBE HAYYA BINA BIL ARABIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MUHADASSAH SISWA DI MTS AL RAISIYAH SEKARBELA MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

SUHARTINI, WAHE LOU (2025) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI YOUTUBE HAYYA BINA BIL ARABIYAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MUHADASSAH SISWA DI MTS AL RAISIYAH SEKARBELA MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITI CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan video animasi YouTube Hayya Bina Bil Arabiyah dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Al Raisiyah Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2024/2025, dan untuk mengetahui peningkatan penggunaan video animasi YouTube Hayya Bina Bil Arabiyah dalam Meningkatkan Keterampilan Muhadassah siswa di MTs Al Raisiyah Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2024/2025. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan designs One-Goup Pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 24 siswa kelas VII yang dipilih menggunakan teknik rendom sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes latihan soal essay sebanyak 20 butir soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian dapat dikemukakan bahwa Penggunaan video animasi youtube hayya bina bil arabiyah dalam meningkatkan muhadassah siswa di MTs Al raisiyah Sekarbela Mataram Tahun Ajaran 2024/2025 adalah efektif, karena yang diterima adalah Ha dengan hasil uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari Sig. 2 tailed 0,05. Penerimaan Ha ini didukung oleh adanya perbedaan signifikan yang disebabkan oleh keunggulan dua variabel, yaitu media video animasi yang menarik secara visual dan auditori, serta percakapan yang disajikan dalam konteks cerita yang konkret dan mudah dipahami oleh siswa. Dan berdasarkan hasil analisis nilai N-Gain menunjukkan rata-rata skor sebesar 58.3483% yang masuk ke kategori cukup efektif. Alasan diterimanya kedua hipotesis adalah karena hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan muhadatsah siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Selain itu, nilai N-Gain sebesar 58,3483% berada pada kategori “cukup efektif”, yang menegaskan bahwa media video animasi YouTube “Hayya Bina Bil Arabiyah” mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa melalui penyajian visual-auditori yang menarik serta percakapan kontekstual yang mudah dipahami.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNASARUDIN, NASARUDINnidn0831127714
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: VIDEO ANIMASI, HAYYA BINA BIL ARABIYAH, MUHADASSAH.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Suhartini Wahe lou
Date Deposited: 23 Sep 2025 02:46
Last Modified: 23 Sep 2025 02:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13645

Actions (login required)

View Item View Item