ANALISIS STRATEGI PEGADAIAN KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP PRODUK GADAI EMAS (Studi Kasus Pegadaian UPC Kore Desa Sandue, Kec. Sanggar, Kab. Bima)

DYINA, NURDIANTI (2025) ANALISIS STRATEGI PEGADAIAN KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT TERHADAP PRODUK GADAI EMAS (Studi Kasus Pegadaian UPC Kore Desa Sandue, Kec. Sanggar, Kab. Bima). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-daftar pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
similarity check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Strategi Pegadaian Konvensional dalam Meningkatkan Minat Masyarakat terhadap Produk Gadai Emas (Studi Kasus Pegadaian UPC Kore Desa Sandue, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima)”. Penelitian ini adalah menurunnya jumlah nasabah dan realisasi pembiayaan gadai emas di Pegadaian UPC Kore dalam tiga tahun terakhir, meskipun produk gadai emas merupakan salah satu layanan unggulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan Pegadaian Konvensional dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap produk gadai emas serta mengidentifikasi kendala yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dengan pimpinan, karyawan, dan nasabah, serta dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Pegadaian Konvensional UPC Kore meliputi: (1) penetrasi pasar melalui promosi multi-kanal, baik konvensional (spanduk, brosur, sosialisasi) maupun digital (Facebook, WhatsApp, Instagram); (2) edukasi literasi keuangan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat; (3) peningkatan kualitas layanan berupa kecepatan proses, keamanan barang jaminan, dan transparansi biaya; serta (4) pengembangan pasar melalui pendekatan personal dengan komunitas lokal. Strategi ini cukup efektif dalam membangun kepercayaan dan meningkatkan kesadaran masyarakat, namun belum optimal karena keterbatasan anggaran promosi, rendahnya literasi masyarakat, dan persaingan dengan lembaga keuangan lain.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorLALU, HENDRA MANIZAnidn0828108404
Thesis advisorSULHAN, HADInidn0813038202
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Pegadaian Konvensional, Minat Masyarakat, Gadai Emas.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dyna Nurdianti
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:05
Last Modified: 22 Sep 2025 03:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13608

Actions (login required)

View Item View Item