MUHAMAD, LAZIM (2025) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK RAMA FARMA TANJUNG LOMBOK UTARA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pelayanan kefarmasian yang berkualitas menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pasien di apotek. Kepuasan pasien merupakan indikator utama dalam menilai mutu layanan kefarmasian, yang mencakup interaksi apoteker, ketersediaan obat, dan kenyamanan fasilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di Apotek Rama Farma Tanjung Lombok Utara. Penelitian ini merupakan penelitian dengan rancangan deskriptif (non-eksperimental) secara kuantitatif. Model penelitian ini adalah ServQual yang terdiri dari lima dimensi yaitu Tangible (Bukti fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurancee (Jaminan), dan Emphaty (Empati), Sampel terdiri dari 100 responden yang dipilih dengan rumus Slovin dari total populasi 1.410 pasien. Hasil analisis menunjukkan dua dimensi memiliki nilai gap positif, yaitu bukti fisik (0,04), jaminan (0,10), yang mengindikasikan bahwa sebagian besar pasien merasa puas. Namun, dimensi memiliki nilai gap negatif yaitu kehandalan (-0,06), ketanggapn (-0,02), empati (-0,01), menandakan perlu adanya perbaikan pada dimensi tersebut. Secara keseluruhan, nilai rata-rata gap sebesar (0,01) menunjukkan gap positif bahwa pelayanan kefarmasian di Apotek Rama Farma telah memenuhi harapan sebagian besar pasien, meskipun masih ada ruang untuk peningkatan terutama pada aspek kehandalan.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Tingkat Kepuasan, Metode Servqual, Lombok Utara | |||||||||
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 613 Ilmu Kesehatan Umum, Kesehatan Individu, Promosi Kesehatan, Higienis Umum > 613.7 Kesehatan dan Kesegaran Jasmani | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Lazim | |||||||||
Date Deposited: | 22 Sep 2025 00:51 | |||||||||
Last Modified: | 22 Sep 2025 00:51 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13599 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |