PEMANFAATAN MEDIA CANVA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD IT AL-FAJAR MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

NURUL, KOMARIYAH (2025) PEMANFAATAN MEDIA CANVA DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD IT AL-FAJAR MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH DASAR MENUNTUT PENDEKATAN YANG INOVATIF DAN INTEGRATIF AGAR SISWA MAMPU MEMAHAMI BAHASA YANG TERGOLONG ASING SECARA MENYENANGKAN. SEIRING DENGAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN, MEDIA DIGITAL SEPERTI CANVA MENJADI SOLUSI ALTERNATIF YANG RELEVAN DAN PRAKTIS. PENELITIAN INI BERTUJUAN UNTUK MENDESKRIPSIKAN PEMANFAATAN MEDIA CANVA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KELAS V SD IT AL-FAJAR MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025, SERTA MENGIDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR PENDUKUNG DAN PENGHAMBAT DALAM PENERAPANNYA. PENELITIAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESKRIPTIF KUALITATIF DENGAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA BERUPA OBSERVASI, WAWANCARA, DOKUMENTASI, SERTA WAWANCARA TERTULIS KEPADA SAMPEL SISWA. HASIL PENELITIAN MENUNJUKKAN BAHWA GURU MEMANFAATKAN CANVA SECARA SISTEMATIS MULAI DARI PERENCANAAN HINGGA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. GURU TIDAK MEMBUAT PRESENTASI, MELAINKAN MENGGUNAKAN CANVA UNTUK MENDESAIN PERMAINAN EDUKATIF, KARTU KOSA KATA, DAN LKPD INTERAKTIF. CANVA TERBUKTI EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MUFRADAT DAN STRUKTUR KALIMAT SERTA MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR YANG MENYENANGKAN. CANVA JUGA MEMOTIVASI SISWA UNTUK TERLIBAT AKTIF SELAMA PROSES PEMBELAJARAN. FAKTOR PENDUKUNG MELIPUTI TERSEDIAANYA PERANGKAT DIGITAL, KEMUDAHAN AKSES APLIKASI, SERTA DESAIN VISUAL YANG MENARIK. ADAPUN KENDALA YANG DIHADAPI MELIPUTI KETERGANTUNGAN TERHADAP KONEKSI INTERNET DAN BANYAKNYA TEMPLATE YANG SERUPA, YANG MENGURANGI VARIASI TAMPILAN. SECARA KESELURUHAN, CANVA EFEKTIF DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN MENDUKUNG IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA YANG MENDORONG PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, DAN PARTISIPATIF.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0803128502
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN BAHASA ARAB, CANVA, SEKOLAH DASAR, KURIKULUM MERDEKA, MEDIA DIGITAL
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Komariyah
Date Deposited: 22 Sep 2025 03:37
Last Modified: 22 Sep 2025 03:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13584

Actions (login required)

View Item View Item