ALAN, NUARI SANGGORE (2025) ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN ASPEK KOGNITIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MI AL-MADANIYAH JEMPONG MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemanfaatan media gambar dalam proses pembelajaran Bahasa Arab serta menganalisis sejauh mana efektivitasnya dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV di MI Al-Madaniyah Jempong. Latar belakang dari studi ini didasari oleh perlunya inovasi media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan tahap perkembangan siswa sekolah dasar. Hal ini menjadi penting karena pelajaran Bahasa Arab kerap dianggap sulit dan kurang menarik bagi sebagian besar siswa. Penggunaan media gambar dipilih karena dianggap mampu menstimulasi ingatan visual, menumbuhkan motivasi belajar, serta mempermudah siswa dalam memahami kosakata dan struktur kalimat secara kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi langsung di kelas, wawancara dengan dua guru dan tiga siswa, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gambar dalam pembelajaran Bahasa Arab dapat meningkatkan partisipasi siswa, memperjelas pemahaman materi, dan menciptakan suasana belajar yang lebih hidup dan menyenangkan. Berbagai jenis gambar digunakan oleh guru, seperti ilustrasi kosakata, gambar aktivitas harian, dan gambar tematik yang relevan dengan topik pembelajaran. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa media gambar merupakan alat bantu yang efektif dalam mendukung proses pembelajaran Bahasa Arab di tingkat sekolah dasar. Media ini tidak hanya memudahkan siswa dalam memahami materi melalui visualisasi, tetapi juga mendorong mereka untuk lebih aktif dalam mengikuti pelajaran. Oleh karena itu, guru diharapkan dapat terus mengembangkan dan memanfaatkan media gambar secara bervariasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Gambar, Bahasa Arab, pembelajaran dasar, kelas IV, MI Al-Madaniyah Jempong. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Alan Nuari Sanggore | |||||||||
Date Deposited: | 19 Sep 2025 03:02 | |||||||||
Last Modified: | 19 Sep 2025 03:02 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13579 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |