PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MTS AL-WUSTHO MALIMBU LOMBOK UTARA TAHUN AJARAN 2024/2025

AHMAD, DANI SUKMANTO (2025) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA MTS AL-WUSTHO MALIMBU LOMBOK UTARA TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Langkah-Langkah penerapan strategi pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme serta menganalisis Usaha dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa MTs Al-Wustho Malimbu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk menggambarkan proses pembelajaran dan hasil yang dicapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme dilakukan dengan melibatkan siswa secara aktif melalui diskusi, tanya jawab, latihan membaca, dan kerja kelompok. Upaya peningkatan keterampilan membaca setelah penerapan strategi interaktif berbasis konstruktivisme menunjukkan hasil yang positif. Siswa menjadi lebih lancar dalam membaca teks berbahasa Arab, lebih mampu memahami kosakata, serta lebih mahir dalam menyusun kalimat sederhana. Selain itu, penggunaan metode interaktif seperti kuis singkat, permainan bahasa, dan kerja kelompok turut meningkatkan motivasi siswa serta mengurangi kebosanan selama proses pembelajaran. Meskipun terdapat beberapa kendala, seperti keterbatasan sarana pembelajaran dan kurangnya minat sebagian siswa, hal tersebut dapat diatasi melalui pemanfaatan media digital, variasi metode pengajaran, serta peningkatan kompetensi guru. Dengan demikian, strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca sekaligus menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Thesis advisorAHMAD, HELWANI SYAFI'Inidn0801127803
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Interaktif, Konstruktivisme, Kemampuan Membaca, Bahasa Arab.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ahmad Dani Sukmanto
Date Deposited: 19 Sep 2025 02:35
Last Modified: 19 Sep 2025 02:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

View Item View Item