MENGEKSPLORASI MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI PAKAIAN THRIFTING DI PASAR KARANG SUKUN KOTA MATARAM

DINA, NOVITA (2025) MENGEKSPLORASI MOTIVASI KONSUMEN DALAM MEMBELI PAKAIAN THRIFTING DI PASAR KARANG SUKUN KOTA MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Thrifting, atau membeli pakaian bekas, telah berkembang pesat di seluruh dunia, dan di Indonesia, termasuk di Kota Mataram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi alasan yang mendorong pembeli untuk membeli pakaian thrifting di Pasar Karang Sukun Kota Mataram. Selain itu, penelitian ini juga menggambarkan pengalaman pembeli dan masalah yang mereka hadapi saat berbelanja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik purposive sampling terhadap 15 konsumen dan 8 pedagang. Data yang dikumpulkan melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara mendalam kemudian dianalisis menggunakan metode reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor utama yang mendorong konsumen untuk membeli pakaian thrifting adalah faktor ekonomi (harga terjangkau), kualitas dan kondisi barang yang masih layak pakai, keunikan model dan gaya pakaian, merek (barang merek), dan kesadaran akan gaya hidup hemat dan berkelanjutan. Selain itu, pengalaman belanja konsumen biasanya positif dan menyenangkan, dengan interaksi yang beragam dengan pedagang. Tetapi ada masalah seperti keterbatasan ukuran atau model dan kondisi barang yang tidak selalu sempurna. Konsumen sangat puas dengan produk thrifting, yang ditunjukkan dengan pembelian ulang dan rekomendasi. Hasilnya menunjukkan bahwa nilai-nilai gaya hidup, ekspresi diri, dan keberlanjutan adalah faktor lain yang mendorong perilaku konsumen dalam membeli pakaian bekas. Selain membantu pengembangan penelitian tentang perilaku konsumen, khususnya di pasar thrifting, penelitian ini membantu pelaku usaha membuat strategi pemasaran yang lebih baik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMINTASRIHARDI, H. MINTASRIHARDInidn0830016101
Thesis advisorABDUL, HAFIZnidn0810097105
Uncontrolled Keywords: Thrifting, Motivasi konsumen, Keputusan Pembelian, Gaya Hidup, Pasar Karang Sukun
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Dina Novita
Date Deposited: 19 Sep 2025 03:16
Last Modified: 19 Sep 2025 03:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13540

Actions (login required)

View Item View Item