IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMEBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

NURANJALI, NURANJALI (2025) IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMEBELAJARAN BAHASA ARAB DI MAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peneliti ini bertujuan untuk menggambarkan langkah-langkah penerapan total Quality management dalam meningkatkan mutu pembelajaran bahasa arab di Man 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025 dan untuk mnganalisis usaha peningkatan total quality management dalam meningkatkan mutu pembelajaran bahasa arab di Man 2 Mataram tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: langkah-langkah penerapan total Quality management dalam meningkatkan mutu pembelajaran bahasa arab di Man 2 Mataram ada empat langkah-langkah utama. Tahap perencanaan mencakup penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar berbasis Kurikulum Merdeka. Pengorganisasian melibatkan kepala madrasah, wakil kepala kurikulum, guru, dan tim penjamin mutu, dengan pelatihan rutin sebagai bentuk penguatan kompetensi guru. Pelaksanaan dilakukan melalui tiga tahapan: kegiatan awal, inti, dan penutup, yang diintegrasikan dengan pendekatan deep learning. Tahap evaluasi mencakup asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif. Dan adapun upaya peningkatan mutu pembelajaran Bahasa Arab menggunakan, yaitu: pengembangan profesionalisme guru melalui pelatihan, seminar, dan MGMP; Pengembangan kurikulum dan perangkat ajar yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka; Dan penerapan sistem penilaian komprehensif yang mencakup empat keterampilan bahasa Arab: Istima’, kalam, qira’ah, dan kitabah; Serta kepuasan siswa melalui umpan balik dan dialog reflektif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNASARUDIN, NASARUDINnidn0831127714
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: Total Quality Management, Mutu Pembelajaran, Bahasa Arab
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nuranjali Nuranjali
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:58
Last Modified: 18 Sep 2025 01:58
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13525

Actions (login required)

View Item View Item