IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AL-MADANIYAH JEMPONG MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025

NINING, NINING (2025) IMPLEMENTASI TEORI BEHAVIORISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MI AL-MADANIYAH JEMPONG MATARAM TAHUN AJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Bahasa Arab dengan Teori behaviorisme di MI Al-Madaniyah jempong pada Tahun Ajaran 2024/2025, dan kendala dalam proses pembelajaran Bahasa Arab dengan Teori behaviorisme di MI Al-Madaniyah Jempong pada Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah langkah-Langkah Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Teori Behaviorisme di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru menyusun ATP dan modul ajar, mengorganisasi siswa dalam kelompok, melaksanakan pembelajaran dengan drill dan reinforcement, serta melakukan evaluasi praasesmen, formatif, dan sumatif. Proses ini terbukti membentuk kebiasaan berbahasa Arab melalui pengulangan, imitasi, dan penguatan positif secara konsisten. Dan kendala dalam penerapan Teori behaviorisme di MI Al-Madaniyah Jempong Mataram mencakup keterbatasan kompetensi guru, keterbatasan pengembangan kurikulum, serta kendala sistem penilaian. Guru belum optimal menguasai teknologi dan metode praktik, kurikulum cenderung kaku, serta penilaian lebih berorientasi ujian tulis. Hambatan ini mengurangi efektivitas stimulus, respon, dan reinforcement, sehingga tujuan pembentukan kebiasaan berbahasa Arab belum tercapai secara maksimal dan perlu strategi perbaikan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn0803128502
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: Teori Behaviorisme, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nining Nining
Date Deposited: 18 Sep 2025 01:57
Last Modified: 18 Sep 2025 01:57
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13522

Actions (login required)

View Item View Item