Pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum merdeka di MI Al-Ittihadul Islamiyyah Ampenan Tahun 2024/2025

HAIKAL, HAIKAL (2025) Pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum merdeka di MI Al-Ittihadul Islamiyyah Ampenan Tahun 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (844kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Langkah-langkah pembelajaran bahasa Arab dalam kurikulum Merdeka di MI Al-Ittihadul Islamiyyah Ampenan. Faktor penghalang dan kendala dalam pembelajaran bahasa Arab dengan berbasis kurikulum merdeka.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas, Kepala sekolah dan siswa Madarasah. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini memperoleh hasil: Pembelajaran bahasa Arab dalam Kurikulum merdeka di MI Al-Ittihadul Islamiyyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Langkah-langkah Pembelajaran bahasa Arab berbasis Kurikulum Merdeka di MI Al-Ittihadul Islamiyyah Ampenan dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Guru menyusun perangkat ajar sesuai CP, TP, dan ATP, kemudian menerapkannya dengan model pembelajaran variatif seperti proyek, tematik, kontekstual, dan diskusi untuk menekankan keterampilan berbahasa secara integratif. Evaluasi menggunakan asesmen autentik melalui observasi, portofolio, proyek, serta tes lisan dan tulisan. Kendala utama yang dihadapi meliputi keterbatasan pemahaman guru terhadap Kurikulum Merdeka, sarana prasarana yang kurang memadai, serta kesulitan siswa dalam memahami konsep abstrak bahasa Arab. Meskipun demikian, guru berupaya mencari solusi melalui pemanfaatan media sederhana, integrasi nilai islami dan budaya lokal, serta kolaborasi antarguru sehingga pembelajaran tetap berjalan cukup baik meski belum sepenuhnya optimal

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807044002
Thesis advisorNURJANNAH, NURJANNAHnidn012459841
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Arab, Implementasi, MI Al-Ittihadul Islamiyyah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Haikal Haikal
Date Deposited: 17 Sep 2025 02:46
Last Modified: 17 Sep 2025 02:46
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item