STRATEGI PEMASARAN TOKO BANGUNAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TOKO BANGUNAN PASAR MODERN (Studi Kasus Pada Toko Bangunan UD Semangat Baru, Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun 2025)

LILA, ALGAFARIAH (2025) STRATEGI PEMASARAN TOKO BANGUNAN PASAR TRADISIONAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN TOKO BANGUNAN PASAR MODERN (Studi Kasus Pada Toko Bangunan UD Semangat Baru, Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat Tahun 2025). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan sektor ritel bahan bangunan di Indonesia mengalami transformasi pesat, khususnya dengan kehadiran toko bangunan modern yang menawarkan layanan lebih lengkap, teknologi pendukung, serta pengalaman belanja yang lebih interaktif. Persaingan yang semakin ketat ini menjadi tantangan besar bagi toko bangunan tradisional, termasuk UD. Semangat Baru yang berlokasi di Kecamatan Labuapi Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Pemasaran dan mengidentifikasi kendala yang dihadapi UD. Semangat Baru dalam menghadapi persaingan dengan toko bangunan modern. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UD. Semangat Baru menerapkan tiga strategi Pemasaran utama: strategi pemasaran, strategi diferensiasi, strategi biaya rendah, dan strategi fokus. Strategi pemasaran diterapkan melalui pelayanan personal, pemberian hutang kepada pelanggan tetap, serta kemudahan pembelian dalam jumlah kecil. Strategi biaya rendah dilakukan dengan menekan biaya operasional, menggunakan lahan sendiri, dan pengelolaan stok yang efisien. Sementara itu, strategi fokus diterapkan dengan menyasar pelanggan lokal, tukang bangunan, dan kontraktor kecil. Kendala yang dihadapi antara lain keterbatasan modal, keterbatasan stok barang, dan persaingan harga dengan toko bangunan modern.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSULHAN, HADInidn0813038202
Thesis advisorABDUL, HAFIZnidn0810097105
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Toko Bangunan Tradisional, UD. Semangat Baru
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 380 Commerce, Komunikasi & Transportasi
300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 650 Manajemen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Lila Algafariah
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:13
Last Modified: 12 Sep 2025 03:13
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13334

Actions (login required)

View Item View Item