PEMBENTUKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI HABITUASI PADA KELAS VII DI MTS MIFTAHUL ULUM PELANGAN

APRIL, MULYANAS ARIF (2025) PEMBENTUKAN KARAKTER PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI HABITUASI PADA KELAS VII DI MTS MIFTAHUL ULUM PELANGAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Profil Pelajar Pancasila adalah profil lulusan yang bertujuan menunjukkan karakter dan kompetensi yang diharapakan diraih dan menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila peserta didik dan para pemangku kepentingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan karakter profil pelajar Pancasila yang dilakukan melalui proses habituasi, mengukur sejauh mana pemahaman siswa kelas VII MTs Miftahul Ululm tentang karakter profil pelajar Pancasila, serta melihat faktor pendukung dan penghambat dari proses pelaksanaan habituasi tersebut. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tri angulasi. Di temukan bahwa sebagian peserta didik sudah punya inisiatif untuk melaksanakan proses kegiatan habituasi yang membentuk karakter profil pelajar Pancasila pada diri mereka seperti kegiatan pembacaan asmaul husna, tadarusan, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), kemeliharaan kebersihan, aksi mandiri harian, brain teaser kritis, dan kreasi sepekan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik juga sudah punya pemahaman yang memadai terkait dengan karakter profil pelajar Pancasila karena terlihat dari beberapa pelaksanaan habituasi yang mereka ungkapkan dan kerjakan walaupun terdapat beberapa hal yang membuat pelaksanaan habituasi ini terhambat seperti kurangnya partisisari guru untuk ikul andil dalam kegiatan habituasi (eksternal) dan adanya perbedaan latar belakang dari siswa (internal). Namun ada salah satu faktor pendukung yang mampu mendorong siswa agar lebih aktif dalam menjalankan kegiatan habituasi tersebut yaitu adanya kolaborasi aktif antara sekolah dan orang tua siswa, yang membuat proses kegiatan-kegiatan habituasi yang membentuk karakter profil pelajar Pancasila pada siswa kelas VII di MTs Miftahul Ulum Pelangan tetap bisa berlanjut.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnidn0806059402
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Habituasi
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: April Mulyana Arif
Date Deposited: 12 Sep 2025 02:01
Last Modified: 12 Sep 2025 02:01
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13318

Actions (login required)

View Item View Item