INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN KESEHATAN KETOPRA (KETUK PINTU RUMAH PASIEN TB) STUDI KASUS PUSKESMAS TANJUNG,LOMBOK UTARA

NAHSANIL, FITRI (2025) INOVASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PELAYANAN KESEHATAN KETOPRA (KETUK PINTU RUMAH PASIEN TB) STUDI KASUS PUSKESMAS TANJUNG,LOMBOK UTARA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan program Ketuk Pintu Rumah Pasien TB (KETOPRA) di Puskesmas Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, sebagai inovasi pelayanan publik. Inovasi ini adalah tanggapan atas peningkatan kasus tuberkulosis dan keterbatasan akses layanan kesehatan, terutama di wilayah terpencil. Untuk mendapatkan data, pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk mengumpulkan data dari pasien, kader TB, petugas kesehatan, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program KETOPRA berhasil meningkatkan aksesibilitas pengobatan, kepatuhan pasien, dan kualitas pelayanan kesehatan. Indikator keberhasilan inovasi yang didasarkan pada teori Rogers, seperti dukungan sosial, keuntungan relatif, dan kompleksitas rendah, dipenuhi oleh program ini. Meskipun demikian, keterbatasan sumber daya manusia, logistik, dan cakupan wilayah yang luas menghalangi program untuk dilaksanakan. Kolaborasi antara puskesmas dan staf TB sangat membantu program di lapangan berjalan lebih baik. KETOPRA terbukti sebagai inovasi pelayanan publik yang mampu menjawab tantangan kesehatan masyarakat secara aktif, adaptif, dan berkelanjutan. Ini juga membantu menurunkan jumlah kasus TB di wilayah kerja Puskesmas Tanjung.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMITASRIHARDI, MITASRIHARDInidn0830016101
Thesis advisorMUHAMMAD, APRIAN JAILANInidn0804049501
Uncontrolled Keywords: Inovasi pelayanan publik, tuberkulosis, KETOPRA, Puskesmas, Lombok Utara.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 351 Administrasi Publik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nahsanil Fitri
Date Deposited: 12 Sep 2025 06:12
Last Modified: 12 Sep 2025 06:12
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

View Item View Item