PENGARUH MEDIA GAME TARIKAN MENU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN INPRES 1 MARIA

NURFATNAH, NURFATNAH (2025) PENGARUH MEDIA GAME TARIKAN MENU TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SDN INPRES 1 MARIA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media game tarikan menu terhadap kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas V SDN Inpres 1 Maria. Latar belakang masalah menunjukkan bahwa pembelajaran teks prosedur sering terkendala oleh keterbatasan media, yang berdampak pada kurang optimalnya pemahaman dan kemampuan menulis siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Data dikumpulkan melalui observasi, tes (pre-test dan post-test), dan dokumentasi . Tes menulis teks prosedur diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan media game tarikan menu berbasis Problem Based Learning (PBL), sementara kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan menulis teks prosedur siswa di kelas eksperimen. Nilai rata-rata post-test kelas eksperimen meningkat dari 64,33 menjadi 83,67, sedangkan kelas kontrol meningkat dari 58,08 menjadi 63,46 . Uji Paired Sample T-Test menunjukkan nilai t hitung sebesar 9,122 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05), yang berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan dari penggunaan media game tarikan menu . Hal ini membuktikan bahwa media interaktif seperti game tarikan menu efektif dalam meningkatkan motivasi, minat, partisipasi, serta pemahaman siswa terhadap struktur dan isi teks prosedur. Kata Kunci: Media pembelajaran, Teks prosedur, Kemampuan menulis

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSYAFRUDDIN, MUHDARnidn0813078701
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Teks prosedur, Kemampuan menulis
Subjects: 400 Bahasa > 411 Sistem Tulisan, Penulisan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurfatnah Nurfatnah
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:06
Last Modified: 11 Sep 2025 03:06
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13198

Actions (login required)

View Item View Item