PENGARUH LAYANAN INTERNET BANKING (E-BANKING) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI CABANG MATARAM

ADE, ARIPIN (2025) PENGARUH LAYANAN INTERNET BANKING (E-BANKING) TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK MANDIRI CABANG MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan internet banking (e-banking) terhadap kepuasan nasabah Bank Mandiri Cabang Mataram. Latar belakang penelitian didasarkan pada perkembangan teknologi perbankan digital yang semakin pesat, di mana internet banking menjadi salah satu layanan penting dalam mempermudah transaksi keuangan nasabah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan asosiatif. Populasi penelitian adalah seluruh nasabah pengguna aktif internet banking Bank Mandiri Cabang Mataram dengan jumlah sampel sebanyak 110 responden yang ditentukan menggunakan rumus Slovin. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisis deskriptif, serta analisis regresi linier sederhana dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan internet banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini ditunjukkan melalui nilai uji t yang lebih besar daripada t tabel serta nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05. Artinya, semakin baik layanan internet banking yang diberikan Bank Mandiri, semakin tinggi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh nasabah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah layanan internet banking menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepuasan nasabah. Oleh karena itu, Bank Mandiri diharapkan dapat terus mengoptimalkan aspek kemudahan penggunaan, keamanan transaksi, kecepatan layanan, serta keandalan sistem untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan serta loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorBAIQ, REINELDA TRI YUNARNInidn0807058301
Thesis advisorRAMAYANTO, RAMAYANTOnidn0809096702
Uncontrolled Keywords: Internet Banking, E-Banking, Kepuasan Nasabah, Bank Mandiri.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ade Arifin
Date Deposited: 11 Sep 2025 03:40
Last Modified: 11 Sep 2025 03:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item View Item