IMPLEMENTASI MODEL PEMEBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 7 MATARAM

YULIANA, WATI (2025) IMPLEMENTASI MODEL PEMEBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATAKAN PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMPN 7 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran berbasis masalah mengajak siswa memulai pembelajaran dari suatu permasalahan nyata, lalu menganalisis dan mencari solusi melalui berbagai proses berpikir kritis dan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh implementasi model pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMPN 7 Mataram. Jenis penelitian ini mengunakan penelitian eksperimen yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan pendekatan kuantitatif dan jumlah sampel dari penelitian ini adalah keseluruhan kelas VII SMPN 7 Mataram yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VII A 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B 40 siswa sebagai kontrol yang berjumlah 80 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah obervasi, angket dan dokumentasi dengan metode analisis data yaitu uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesa. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa hasil perhitungan pengujian hipotesis dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows dengan menggunakan teknik uji Independent Sample T-Test pada taraf signifikansi 5%, terdapat perbedaan prestasi belajar siswa siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran problem based learning, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dimana thitung>ttabel maka Ho ditolak Ha diterima. Artinya ada perbedaan yang signifikan pada implementasi model problem based learning untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn kelas VII di SMPN 7 Mataram Tahun Pelajaran 2025/2026

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Model Pemebelajaran Berbasis Masalah, Prestasi Belajar Prestasi Siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Yuliana Wati
Date Deposited: 09 Sep 2025 02:28
Last Modified: 09 Sep 2025 02:28
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12825

Actions (login required)

View Item View Item