STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR KELAS 5 DI SDN 2 KRAMA JAYA

JEVI, PRATAMA (2025) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR KELAS 5 DI SDN 2 KRAMA JAYA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA____.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CEK_JEVI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam strategi-strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan pemahaman membaca peserta didik dengan memanfaatkan media cerita bergambar. Penelitian ini dilakukan di SDN 2 Krama Jaya kecamatan Narmada, Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5, guru kelas 5, dan kepala sekolah di SDN 2 Krama Jaya. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknink pengumpulan data melalui observasi partisipatif terhadap proses pembelajaran menggunakan cerita bergambar, wawancara mendalam dengan guru terkait strategi pembelajaran yang diterapkan, dokumentasi kegitan proses pembelajaran, dan angket siwa. Hasil penelitian menunjukan bahwa media cerita bergambar berhasil meningkatkan minat dan motivasi peserta didik, kemampuan memahami alur cerita dan unsur intrinsik, penguasaan kosakata baru, keterampilan berpikir kritis melalui analisis gambar-teks. Peneliti menyimpulkan implementasi cerita bergambar dengan strategi yang tepat dapat menjadi solusi inovatif dalam pembelajaran membaca, rekomendasi penelitian ini mencakup: perlunya pelatihan guru dalam pengembangan media cerita bergambar, pentingnya pemilihan cerita yang sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik dan pengembangan aktivitas pembelajaran yang lebih variatif.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorRIMA, RAHMANIAHnidn0821118601
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran, pemahaman membaca, cerita bergambar, penelitian kualitatif, literasi dasar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Jevi Pratama
Date Deposited: 04 Sep 2025 08:05
Last Modified: 04 Sep 2025 08:05
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12765

Actions (login required)

View Item View Item