ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TGH. SALEH HAMBALI DENGAN METODE ACCIDENT RATE

ZACKY, AKBAR YUNUS (2025) ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN TGH. SALEH HAMBALI DENGAN METODE ACCIDENT RATE. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ruas jalan Tuan Guru Haji (TGH) Saleh Hambali merupakan jalan kabupaten yang menghubungkan kota Mataram dengan kabupaten Lombok barat yang sepanjang ruas jalannya terdapat pemukiman penduduk dan juga kawasan industri dimana kendaraan bermuatan besar sering melintas. Kondisi jalan yang kurang memadai dan juga faktor pengemudi yang seringkali menggunakan kecepatan tinggi saat berkendara menyebabkan ruas jalan TGH Saleh Hambali rentan terjadi kecelakaan lalu lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kecelakaan lalu lintas di ruas jalan TGH Saleh Hambali menggunakan metode Accident Rate dan mengetahui faktor penyebab serta alternatif upaya pencegahan kecelakaan lalu lintas di masa mendatang di ruas jalan tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode accident rate. Faktor yang ditinjau adalah jumlah total kecelakaan lalu lintas yang terjadi, lintas harian rata-rata dan panjang ruas jalan. Nilai accident rate yang >1,0 akan dihitung berdasarkan black spot dan jika <1,0 akan dihitung berdasarkan black site. Hasil analisis kecelakaan lalu lintas berdasarkan accident rate pada ruas jalan TGH Saleh Hambali memiliki tingkat kecelakaan yang tinggi yakni 1,04 kecelakaan/km.tahun. Faktor penyebab kecelakaan yang dominan adalah faktor manusia sebagai pengemudi yang sering lalai dan tidak disiplin dalam berkendara. Alternatif pencegahan dan penanganan kecelakaan lalu lintas dapat dilakukan dengan beberapa metode diantaranya preemtif dengan perencanaan dan penggunaan tata guna daerah milik jalan, preventif dengan perbaikan sarana dan prasarana jalan, dan represif dengan kerjasama instansi terkait dalam hal penertiban kedisiplinan pengendara dalam berlalu lintas.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorANWAR, EFENDYnidn0811079502
Thesis advisorMUHAMMAD, KHALIS ILMInidn0831089401
Uncontrolled Keywords: Accident Rate, Kecelakaan, Faktor Manusia
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Zacky Akbar Yunus
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:16
Last Modified: 04 Sep 2025 03:16
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12704

Actions (login required)

View Item View Item