MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE DI MA NURUL JANNAH NW AMPENAN

DESI, SAFITRIANI (2025) MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROUND TABLE DI MA NURUL JANNAH NW AMPENAN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kooperatif dengan menggunakan metode Round Table merupakan pembelajaran dengan pendekatan model kooperatif atau berkelompok yang dapat memancing siswa untuk belajar dan berpartisipasi aktif serta dapat melatih komunikasi sosial siswa baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan kerjasama siswa pada mata pelajaran PKn antara sebelum dan sesudah menerapkan model pembelajaran Round Table. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Lokasi penelitian ini di MA Nurul Jannah NW Ampenan, Kota Mataram. Subjek penelitian adalah siswa kelas X. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan), tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif (rata-rata dan standar deviasi) dan analisis statistik inferensial (uji-t berpasangan/paired samples t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Penerapan model pembelajaran Round Table pada mata pelajaran PKn di kelas X MA Nurul Jannah NW Ampenan, Kota Mataram dapat meningkatkan kemampuan kerjasama siswa, 2) Terdapat perbedaan kemampuan kerjasama siswa antara sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran round table, yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-t berpasangan (paired samples t-test), dimana thitung > ttabel atau 5,832 > 2,145 maka H0 ditolak Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kerjasama siswa pada mata pelajaran PKn melalui model pembelajaran Round Table di MA Nurul Jannah NW Ampenan. Data ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata hasil tes sebelum dan setelah penerapan model pembelajaran round table yaitu 73,67 < 87,67.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorZEDI, MUTTAQINnidn0821128402
Uncontrolled Keywords: Kerjasama Siswa, Model Pembelajaran Round Table
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Desi Safitriani
Date Deposited: 04 Sep 2025 07:11
Last Modified: 04 Sep 2025 07:11
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12700

Actions (login required)

View Item View Item