INDRA, RAMDHANATUL RUSFA (2025) ANALISIS PERAN GURU TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER KEBHINEKAAN SISWA DI SDN 07 MANGGELEWA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CEK _INDRA RAMDHANATUL RUSFA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Karakter kebhinekaan ini sangat penting diterapkan, dilihat dari kondisi yang terjadi di dalam pendidikan Indonesia pada saat ini, banyak sekali permasalahan-permasalahan berkaitan dengan penyimpangan karakter yang pelakunya adalah sebagian besar generasi muda dari segala tingkatan pendidikan, tidak terkecuali tingkat sekolah dasar. Untuk mengetahui bentuk karakter kebhinekaan, berbagai macam kendala yang dihadapi oleh guru dalam memperkuat karakter kebhinekaan dan untuk mengetahui strategi dan upaya guru terhadap pembentukan karakter kebhinekaan pada siswa SDN 07 Manggelewa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan tentang peran guru terhadap pembentukan karakter kebhinekaan pada siswa di SDN 07 Manggelewa, serta segala sesuatu yang berkaitan dengan Pendidikan karakter dalam implementasi kehidupan sehari-hari khususnya dalam lingkungan persekolahan. Tempat yang peneliti ini terletak di Desa Soriutu Kecamatan Manggelewa, kab. Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat. Hasil penelitian yang peneliti lakukan tentang Analisis Peran Guru Terhadap Pembentukkan Karakter Kebhinekaan Siswa Di SDN 07 Manggelewa bahwa bentuk karakter kebhinekaan yang sudah diterapkan dan senantiasa diupayakan oleh guru diantaranya sikap toleransi, tolong menolong dan dilihat dari siswa-siswi berinteraksi di dalam ruang kelas dan dilingkungan sekolah. Faktor utama dalam penerapan karakter kebhinekaan ini tidak maksimal di tandai dengan adanya siswa atau beberapa anak yang cenderung memiliki sikap egois dan ingin menang sendiri dengan masih kurangnya edukasi dan fasilitas yang menunjang semangat belajar siswa. Kepala sekolah dan guru senantiasa bekerja sama secara maksimal agar terwujud dan tercapai karakter kebhinekaan pada diri siswa. Upaya untuk solusi terbaik yang dirasa tepat dan cepat dapat di implementasikan oleh guru maupun warga sekolah secara umum agar memudahkan siswa dalam hidup bersosial nantinya sebab sedari dini sudah mampu memahami nilai-nilai kebhinekaan dan peran penting orangtua sama besarnya dengan guru disekolah agar mampu memaksimalkan penanaman. Adapun peran guru dalam menerapkan Pendidikan karakter diantaranya : guru sebagai teladan, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengarah, guru sebagai evaluator, guru sebagai dinamisator.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | peran guru, pembentukan karakter, kebhinekaan | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Indra Ramdhanatul Rusfa | |||||||||
Date Deposited: | 04 Sep 2025 02:10 | |||||||||
Last Modified: | 04 Sep 2025 02:10 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12690 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |