REDESAIN STRUKTUR JEMBATAN SAMOTA SUMBAWA DENGAN BETON PRATEGANG TIPE U GIRDER STATIS TAK TENTU

YOHANIS, DALLO (2025) REDESAIN STRUKTUR JEMBATAN SAMOTA SUMBAWA DENGAN BETON PRATEGANG TIPE U GIRDER STATIS TAK TENTU. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Jembatan Samota adalah jembatan yang berada dijalan bypass Samota, Labuhan Sumbawa, Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. Jembatan ini dibangun untuk melintasi Sungai Brang Biji menjadi bangunan penghubung Simpang Jalan Negara (SJN) Garuda dengan tanjung menangis serta menjadi ikon kabupaten dan tempat wisata baru di Sumbawa. Jembatan samota ini dibangun pada tahun 2015 dan beroperasi pada awal tahun 2018 merupakan jembatan lengkung pertama di Pulau Sumbawa. Jembatan ini menggunakan struktur U-girder dengan tiga bentang jembatan dari total empat bentang jembatan. Jembatan pelengkung ini merupakan struktur utama dalam menopang beban dari jembatan yang memiliki panjang 80 m dan lebar 7 m. Tahap pertama dalam perencanaan jembatan Samota Sumbawa dengan menggunakan beton prategang tipe U-Girder statis tak tentu adalah pengumpulan informasi yang dibutuhkan, meliputi panjang dan lebar jembatan, lebar jalan, trotoar, data lahan, dan lain-lain. Berdasarkan data perencanaan tersebut, dilakukan perancangan penampang awal dan perhitungan pembebanan, yang kemudian dievaluasi sesuai dengan Standar Nasional Indonesia, yaitu SNI 1725:2016 dan SNI 2833:2016. Selain itu, dilakukan perhitungan tulangan balok girder dan dilakukan pengendalian tegangan, lendutan, momen, dan geser. Hasil analisis didapatkan balok U-girder yang digunakan memiliki tinggi 1,85 m berdasarkan bridge product by PT. Waskita Beton, luas penampang U-girder 1,283 m2, statis momen 0,392 m3, momen inersia 0,020 m4 dan momen total inersia 0,412 m4. Jembatan Samota menggunakan 12 buah tendon, pada setiap tendon terdiri dari 144 strands berdiameter strand 15,24 mm dengan spesifikasi BBR VT CONA CMI SP. Beban yang diterima balok U-girder adalah berat sendiri: 3.207,50 kg/m, beban mati sendiri; 4.347,5 kg/m, beban mati tambahan; 303,291 kg/m, beban lajur “D”; 1.144,595 kg/m, beban truk; 31.500 kg/m, dan 12.691 kg/m, untuk gaya rem; 500 kg/m, beban angin; 150,171 kg/m dan untuk beban gempa 1.224,708 kg/m. Total kehilangan prategang yang dihasilkan sebesar 429,9368 MPa dengan persentase 3,2%. Maka jembatan aman terhadap kehilangan tegangan kurang dari 30 %.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHARIYADI, HARIYADInidn0027107301
Thesis advisorADRYAN, FITRAYUDHAnidn0802058903
Uncontrolled Keywords: Balok U-Girder, Beton Prategang, Statis Tak Tentu, Jembatan Samota
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Yohanis Dallo
Date Deposited: 04 Sep 2025 01:09
Last Modified: 04 Sep 2025 01:09
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12683

Actions (login required)

View Item View Item