OPTIMASI KESERASIAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KEGIATAN PENGANGKUTAN ORE PADA PIT MAIN RIDGE PT J RESOURCES BOLAANG MONGONDOW SITE BAKAN SULAWESI UTARA

PRIMA, RAMADHOAN (2025) OPTIMASI KESERASIAN ALAT MUAT DAN ALAT ANGKUT DALAM MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KEGIATAN PENGANGKUTAN ORE PADA PIT MAIN RIDGE PT J RESOURCES BOLAANG MONGONDOW SITE BAKAN SULAWESI UTARA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
Cover-Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITI CEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT. J Resources Bolaang Mongondow merupakan salah satu perusahaan pertambangan mineral logam berupa emas (AU) yang masih beroperasi, dan dalam melakukan aktivitas penambangannya menggunakan sistem surface mining (open pit) yang mempunyai pola penambangan berjenjang dengan menggunakan 1 unit excavator Hitachi EX1200 sebagai alat muat dan 7 unit off-highway truck Caterpillar 773e sebagai alat angkut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui produktivitas dan nilai keserasian (match factor) alat muat dan alat angkut. Pada penelitian ini digunakan data primer dan data sekunder. Data primer berupa data pengamatan cycle time alat, waktu delay alat dan dokumentasi lapangan, sedangkan data sekunder berupa peta geologi, peta topografi, peta lokasi penelitian, data spesifikasi alat, data produksi alat, data average payload, sweel factor, bucket fill factor dan jam kerja alat. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan persamaan produktivitas dan nilai match factor alat. Berdasarkan data yang didapatkan, pada Pit Main Ridge PT. J Resources Bolaang Mongondow menetapkan target produksi untuk alat muat sebesar 1.050 ton/jam. Berdasarkan perhitungan pada kondisi aktual, besaran nilai produktivitas alat muat sebesar 866,99 ton/jam dan alat angkut sebesar 699,51 ton/jam, dengan nilai faktor keserasian 0,8 dan besaran loose produksi -183,01 ton/jam, disebabkan karna waktu delay alat muat sebesar 3,10 menit. Untuk mencapai target produksi maka dilakukan perbaikan dengan menambah 1 unit articulated dump truck volvo 60H pada fleet Hitachi EX1200 dan off-hightway truck Caterpillar 773e, sehingga besaran nilai produktivitas alat muat meningkat menjadi 1.083 ton/jam dan alat angkut menjadi 737,26 ton/jam, dengan nilai faktor keserasian menjadi 1,01 dan tidak terjadi loose produksi, karena dengan ditambahnya 1 unit alat akan mengurangi waktu delay alat muat dari 3,10 menit berkurang menjadi 0,5 menit.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorALPIANA, ALPIANAnidn0830128401
Thesis advisorARIF, WIJAYAnidn0823088705
Uncontrolled Keywords: Produktivitas Alat Muat, Produktivitas Alat Angkut, Match factor, Loose Produksi
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 622 Teknik Tambang dan Teknik Pertambangan
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Pertambangan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Prima Ramadhoan
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:25
Last Modified: 03 Sep 2025 08:25
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12641

Actions (login required)

View Item View Item