IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DALAM MATA PELAJARAN PPKn MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA SMPN 2 PRAYA TENGAH

NURUL, MIIRAZ (2025) IMPLEMENTASI PROGRAM LITERASI DALAM MATA PELAJARAN PPKn MELALUI GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA SISWA SMPN 2 PRAYA TENGAH. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa pada mata pelajaran PPKn serta mengetahui seberapa efektif pelaksanaan GLS di SMPN 2 Praya Tengah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya literasi sebagai dasar dalam memahami konsep-konsep kewarganegaraan, sementara masih banyak siswa yang menunjukkan keterbatasan dalam memahami isi bacaan dan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi kegiatan literasi, wawancara mendalam kepada kepala sekolah, guru PPKn, siswa, serta dokumentasi kegiatan pojok baca dan literasi kelas. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GLS telah diimplementasikan melalui kegiatan membaca sebelum pelajaran, pemanfaatan pojok baca, serta dukungan guru dalam memberi motivasi membaca. Penerapan tersebut berpengaruh positif terhadap peningkatan pemahaman siswa terhadap materi PPKn, membiasakan siswa membaca secara mandiri, serta membentuk kemampuan berpikir kritis. Namun, tantangan seperti kurangnya minat baca sebagian siswa, keterbatasan koleksi buku, dan belum optimalnya dukungan guru masih menjadi kendala. Penelitian ini menyimpulkan bahwa GLS cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa pada mata pelajaran PPKn, namun perlu penguatan sarana dan dukungan semua pihak agar program berjalan secara konsisten dan berkelanjutan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSRI, REJEKInip196612101993032002
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi Sekolah, Literasi Siswa, PPKn, Pojok Baca, Efektivitas Literasi
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 107 Pendidikan, Penelitian, & Topik yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Miiraz
Date Deposited: 03 Sep 2025 07:39
Last Modified: 03 Sep 2025 07:39
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12618

Actions (login required)

View Item View Item