HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUKARAJA LOMBOK TIMUR

LALU DONI, URIF KUSUMA (2025) HUBUNGAN ANTARA WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUKARAJA LOMBOK TIMUR. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang berkualitas menjadi faktor penting dalam meningkatkan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan indikator utama dalam menilai mutu layanan kefarmasian, yang mencakup interaksi apoteker, ketersediaan obat, dan kenyamanan fasilitas. indikator penting lainnya dalam menilai kualitas pelayanan kefarmasian adalah durasi waktu tunggu pasien untuk mendapatkan resep. waktu tunggu ideal untuk obat jadi adalah maksimal 30 menit, sedangkan untuk obat racikan adalah maksimal 60 menit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sukaraja Lombok Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelatif dan dilaksanakan menggunakan (survey) analitik dengan pendekatan cross sectional. Model penelitian ini adalah ServQual yang terdiri dari lima dimensi yaitu Reliability (Kehandalan) Responsiveness (Ketanggapan) Assurancee (Keyakinan) Emphaty (Empati) Tangible (Bukti fisik), Sampel terdiri dari 99 responden yang dipilih dengan rumus Slovin dari total populasi 6785 resep. Sebagian besar responden merasa puas sejumlah 98 responden (98%) sedangkan yang merasa cukup puas sebanyak 1 responden (1%). Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Sukeraja Lombok Timur dapat ditarik kesimpulan Terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan resep dengan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Sukeraja Lombok Timur. Berdasarkan hasil analisis chi-square diperoleh hasil nilai P Value = 0,010 < 0,05.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNUR, FURQANInidn0814118801
Thesis advisorBAIQ LENY, NOPITASARInidn0807119001
Uncontrolled Keywords: Puskesmas, Tingkat Kepuasan, Waktu Tunggu, Metode Servqual, Pelayanan Resep
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 615 Farmakologi dan Terapi Farmakologi > 615.4 Farmasi Praktis
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Lalu Doni Urif Kusuma
Date Deposited: 09 Sep 2025 06:53
Last Modified: 09 Sep 2025 06:53
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12612

Actions (login required)

View Item View Item