STRATEGI KELOMPOK SADAR WISATA ( POKDARWIS ) DALAM PENGEMBANGAN WISATA DI DESA BATU PUTIH SEKOTONG BARAT

EVA, YULIANTI (2025) STRATEGI KELOMPOK SADAR WISATA ( POKDARWIS ) DALAM PENGEMBANGAN WISATA DI DESA BATU PUTIH SEKOTONG BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
cover-dapus eva.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY EVA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia memiliki potensi besar di sektor pariwisata melalui kekayaan alam dan budaya yang dimiliki. Desa Batu Putih di Kecamatan Sekotong Barat, Kabupaten Lombok Barat, merupakan salah satu desa wisata dengan daya tarik alam dan posisi strategis karena diapit dua kawasan konservasi. Namun, potensi ini belum dikelola secara optimal akibat minimnya infrastruktur, rendahnya kesadaran masyarakat, dan keterbatasan kapasitas sumber daya manusia. Sebagai upaya pengembangan, telah dibentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pada tahun 2018. Pokdarwis berperan dalam menggerakkan partisipasi masyarakat serta mengelola potensi wisata desa. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi Pokdarwis dalam pengembangan pariwisata di Desa Batu Putih serta tantangan yang dihadapi, guna mendukung pengelolaan wisata yang berkelanjutan dan berbasis masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian melibatkan kepala desa, ketua pok darwis dan anggota serta Masyarakat yang ada di desa batu putih. Analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pokdarwis pesona batu putih telah memiliki dan menjalankan strategi yang dapat mengembangkan wisata di desa batu putih strategi tersebut berupa promosi yang dilakukan oleh pokdarwis melalui sosial media seperti Instagram, tiktok, dan juga facebook. Beberapa unggahan dalam media sosial berupa keindahan alam, budaya dan atraksi wisata yang dimiliki dan dibuatkan pamflet dan brosur dalam promosi, Pokdarwis secara efektif memanfaatkan media sosial sebagai sarana digital untuk memperluas jangkauan informasi wisata secara hemat biaya dan efisien. Selain itu, potensi wisata yang ada di desa batu putih dikelola dengan menata dan memfokuskan pada hospitality dan kebersihan di setiap destinasi wisata hal ini dilakukan sesuai dengan sapta pesona dengan melibatkan pastisipasi masyarakat. Namun, pengembangan wisata di desa batu putih menghadapi berbagai tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, minimnya anggaran promosi, kurangnya sumber daya manusia yang terlatih dan paham akan pentingnya pariwisata yang dapat menunjang pengembangan wisata di desa batu putih.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMAEMUNAH, MAEMUNAHnidn0802056801
Thesis advisorISNAINI, ISNAINInidn0803058401
Uncontrolled Keywords: Pokdarwis, Pengembangan Wisata, Strategi Promosi, Partisipasi Masyarakat, Desa Batu Putih
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 305 Kelompok Sosial
300 Ilmu Sosial > 307 Komunitas
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Eva Yulianti
Date Deposited: 03 Sep 2025 06:23
Last Modified: 03 Sep 2025 06:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item