ANALISA DAERAH RAWAN KECELAKAAN DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DAN METODE UPPER CONTROL LIMIT (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Sikur-Terara)

ILHAM, ARYADI (2025) ANALISA DAERAH RAWAN KECELAKAAN DENGAN METODE ANGKA EKIVALEN KECELAKAAN DAN METODE UPPER CONTROL LIMIT (Studi Kasus Pada Ruas Jalan Sikur-Terara). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kecelakaan lalu lintas berdampak serius pada keselamatan, ekonomi, dan kualitas hidup, dengan angka kejadian di Lombok Timur lima tahun terakhir masih tinggi. Faktor penyebab meliputi kelalaian pengemudi, kondisi jalan, cuaca, kendaraan, dan rendahnya kesadaran berkendara. Untuk itu, metode AEK dan UCL digunakan dalam menganalisis lokasi rawan kecelakaan, khususnya di Jalan Raya Sikur–Terara yang merupakan jalur vital, sehingga hasil penelitian ini penting bagi upaya pencegahan dan peningkatan keselamatan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Sikur–Terara dengan mengidentifikasi karakteristik berdasarkan lokasi, waktu, korban, jenis kelamin, usia, dan jenis kendaraan. Penentuan segmen rawan kecelakaan dilakukan menggunakan metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dengan sistem pembobotan tingkat keparahan (meninggal dunia = 12, luka berat = 3, luka ringan = 3, dan kerusakan kendaraan = 1). Selanjutnya, metode Upper Control Limit (UCL) digunakan melalui pendekatan statistik kendali mutu untuk menentukan batas pengendalian kecelakaan, dengan data bersumber dari observasi lapangan, kondisi geometrik dan fasilitas jalan, serta catatan kecelakaan dari Polres Lombok Timur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama periode 2020–2024, kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya Sikur–Terara paling banyak terjadi di segmen 1 dengan dominasi korban luka ringan, usia 16–30 tahun, dan kendaraan roda dua. Melalui analisis AEK dan UCL, segmen 1, segmen 2, dan segmen 4 teridentifikasi sebagai titik rawan kecelakaan. Faktor penyebab utama dipengaruhi oleh kondisi jalan bergelombang, retak, berlubang, serta minimnya rambu lalu lintas di simpang empat Paok Motong, Sikur, dan Montong Baan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorADIMAN, FARIYADINnidn0809038801
Uncontrolled Keywords: kecelakaan lalu lintas, Jalan Raya Sikur–Terara, Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK), Upper Control Limit (UCL), segmen rawan kecelakaan, kondisi jalan, keselamatan lalu lintas.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ilham Aryadi
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:40
Last Modified: 03 Sep 2025 02:40
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12579

Actions (login required)

View Item View Item