ANALISA KAPASITAS DAN KINERJA BAGIAN JALINAN BUNDARAN METRO KOTA MATARAM MENGGUNAKAN PKJI 2023

M., ALI FIKRI (2025) ANALISA KAPASITAS DAN KINERJA BAGIAN JALINAN BUNDARAN METRO KOTA MATARAM MENGGUNAKAN PKJI 2023. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Bundaran Metro Kota Mataram merupakan titik penting karena terletak di jalur utama yang menghubungkan Kota Mataram dengan Kabupaten Lombok Barat. Kondisi lalu lintas di Bundaran Mtero Kota Mataran dapat berubah tergantung pada waktu dan hari tertentu, tetapi karena merupakan titik penting dalam sistem transportasi bundaran ini sering kali padat dengan banyaknya kendaraan yang melintas, terutama pada jam sibuk seperti pulang pergi kerja dan akhir pekan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kapasitas bagian jalinan dan kinerja pada Bundaran Metro Kota Mataram, Serta memberikan alternatif untuk meningkatkan kinerja bundaran dengan perhitungan PKJI 2023. Pengambilan data pada penelitian ini dilakukan langsung di lokasi penelitian selama 3 hari yaitu pada hari sabtu, senin dan kamis lalu perharinya dibagi menjadi 3 sesi pagi (06.00-10.00), sesi siang (11.00-14.00) dan sesi sore (15.00 18.00). Selanjutnya data-data tersebut di analisa menggunakan PKJI 2023 untuk mencari alternatif kapasitas bagian jalinan dan kinerja terbaik Bundaran Metro Kota Mataram. Dari hasil analisa menggunakan PKJI 2023 menunjukan arus terbesar terjadi pada hari senin 16 juni 2023 jam 07.00-08.00 dengan nilai kapasitas (C) jalinan AB = 5986 SMP/jam, jalinan BC = 3805 SMP/jam, jalinan CD = 5507 SMP/jam, jalinan DE = 4815 SMP/jam, jalinan EA = 5103 SMP/jam. Dan didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) jalinan AB = 0,751, jalinan BC = 0,970, jalinan CD = 0,593, jalinan DE = 0,791, jalinan EA = 0,748, tundaan lalu lintas bundaran (TLL) sebesar 11,68 detik/SMP dan tundaan bundaran rata-rata sebesar 15,68 detik/SMP dan peluang antrean bundaran (Pa) tertinggi antara 35,11-72,60 %. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan penerapan sistem prioritas untuk mengatur pergerakan lalu lintas yang masuk dan keluar bundaran agar lebih aman dan efisien.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorAnwar, Efendynidn0811079502
Thesis advisorAdiman, Fariyadinnidn080903881
Uncontrolled Keywords: Kapasitas bagian jalinan, Kinerja dan PKJI 2023
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: M. Ali Fikri
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:54
Last Modified: 03 Sep 2025 02:54
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item