USWATHUN, KHASANAH (2025) PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBINA SIKAP TOLERANSI DI KALANGAN SISWA SMPN 11 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan karakter dalam membina sikap toleransi di kalangan siswa SMP Negeri 11 Mataram. Observasi awal menunjukan bahwa sekolah telah berupaya menanamkan nilai-nilai seperti kejujuran, kedisiplinan, tolong-menolong, dan toleransi melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, masih terdapat tantangan dalam penerapannya, baik dari keterbatasan sarana-prasarana, pengaruh lingkungan sosial, maupun kurangnya pemahaman siswa mengenai makna toleransi secara aktif. Peran pendidikan karakter dalam membina sikap toleransi di kalangan siswa smpn 11 mataram sangat penting dalam pembentukan karakter sebagai fondasi utama dalam pendidikan, terutama di era masyarakat multikultural saat ini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas pendidikan karakter dan menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, harmonis, serta mencetak generasi yang cerdas secara intelektual dan sosial. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dengan Kepala Sekolah, Guru, serta Siswa, dan juga dokumentasi, menggunakan analisis data kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pendekatan ini dipilih agar peneliti dapat memperoleh pemahaman mendalam mengenai Peran Pendidikan Karakter Dalam Membina Sikap Toleransi Di Kalangan Siswa Smpn 11 Mataram. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter di SMPN 11 Mataram berperan signifikan dalam membina sikap toleransi di kalangan siswa. Nilai-nilai toleransi diimplementasikan secara menyeluruh melalui pembelajaran PPKn dan Pendidikan Agama, keteladanan guru, interaksi sosial antar siswa, kegiatan ekstrakurikuler, serta program lintas budaya seperti ekstrakurikuler, intrakurikuler dan kegiatan IMTAQ. Siswa menunjukkan sikap saling menghargai perbedaan, bekerja sama lintas latar belakang, dan mendukung praktik ibadah teman seagama maupun berbeda agama. Sekolah juga didukung oleh kebijakan tata tertib yang menjunjung tinggi keberagaman serta partisipasi aktif orang tua dan guru dalam menciptakan lingkungan yang inklusif. Meski terdapat tantangan seperti pengaruh media sosial dan lingkungan keluarga, upay pendidikan karakter yang reflektif dan kolaboratif terbukti efektif dalam membentuk siswa yang toleran dan siap hidup harmonis dalam keberagaman.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran, Pendidikan, Karakter, Sikap, Toleransi. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Uswatun Khasanah | |||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 03:43 | |||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 03:43 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12568 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |