NILAM, KURNIAH (2025) ANALISIS PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMPN 3 PALIBELO. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan minat belajar siswa kelas VIII di SMPN 3 Palibelo. Latar belakang dari penelitian ini didasari dari fenomena masih rendahnya minat belajar siswa yang ditandai dengan kurangnya partisipasi aktif, perhatian yang cepat menurun, dan sikap pasif dalam proses pembelajaran. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran mulai diterapkan oleh sebagian guru, namun belum optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran memiliki hubungan yang signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII, dengan sampel sebanyak 46 responden yang terdiri dari kelas VIII A dan VIII B. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup dengan skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan uji validitas (korelasi Pearson), uji reliabilitas (Cronbach’s Alpha), uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov), uji homogenitas (Levene’s Test), serta uji korelasi Pearson Product Moment untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan dalam angket valid dan reliabel, data berdistribusi normal, dan varians antar kelompok homogen. Uji korelasi Pearson menghasilkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,451 dengan signifikansi 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan teknologi pembelajaran dengan minat belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pemanfaatan teknologi oleh guru dalam proses pembelajaran, maka semakin tinggi pula minat belajar yang ditunjukkan oleh siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Minat | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Nilam Kurnia | |||||||||
Date Deposited: | 03 Sep 2025 06:47 | |||||||||
Last Modified: | 03 Sep 2025 06:47 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |