THE EFFECTIVENESS OF HALLOTALK AS AN ENGLISH LEARNING TOOL TO IMPROVE STUDENTS SPEAKING SKILLS

ISWADIN, ISWADIN (2025) THE EFFECTIVENESS OF HALLOTALK AS AN ENGLISH LEARNING TOOL TO IMPROVE STUDENTS SPEAKING SKILLS. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan aplikasi mobile untuk pembelajaran bahasa telah menjadi hal yang krusial di era digital untuk membantu perkembangan bahasa siswa. Salah satu alat pertukaran bahasa yang populer, HalloTalk, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi secara real time dengan penutur asli. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas aplikasi HalloTalk dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa masalah utama, yaitu rendahnya kemampuan berbicara siswa, terbatasnya kesempatan untuk berlatih berbicara dalam konteks nyata, rendahnya motivasi, dan kurangnya media pembelajaran interaktif yang mendukung pengembangan kemampuan berbicara. Berdasarkan permasalahan tersebut, pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah: Apakah penggunaan aplikasi HalloTalk efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa? Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest dengan satu kelompok, yang melibatkan 22 siswa kelas sembilan dari MTs Birrul Walidain. Tes berbicara dilakukan untuk mengevaluasi empat aspek utama: kosakata, tata bahasa, pengucapan, dan kefasihan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam skor rata-rata dari 76,36 menjadi 94,54 dengan signifikansi statistik (p < 0,05) berdasarkan uji-t. Selain itu, kuesioner menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih termotivasi, percaya diri, dan aktif. Fitur-fitur HalloTalk seperti pesan suara, koreksi teks, dan percakapan waktu nyata terbukti efektif dalam memberikan pengalaman berbicara yang otentik.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorEDI, EDInidn0805108001
Thesis advisorRIMA, RAHMANIAHnidn0821118601
Uncontrolled Keywords: Hallotalk, Keterampilan Berbicara, Pertukaran Bahasa, Pembelajaran Bahasa Inggris.
Subjects: 400 Bahasa > 425 Tata Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Iswadin Iswadin
Date Deposited: 04 Sep 2025 03:37
Last Modified: 04 Sep 2025 03:37
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12541

Actions (login required)

View Item View Item