IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QUR’AN PAGUTAN MATARAM

DIVA, ANANDA PRAMBAYUDA KUSUMA (2025) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NURUL QUR’AN PAGUTAN MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MI Nurul Qur’an dan menganalisis pengaruhnya terhadap perkembangan kognitif siswa, khususnya dalam aspek berpikir kritis, pemahaman konsep, dan kemampuan menyelesaikan masalah. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nurul Qur’an Pagutan yang terletak di Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini diperoleh dari Kepala Sekolah dan para guru dan siswa di MI Nurul Qur’an Pagutan Mataram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di MI Nurul Qur'an Pagutan Mataram berjalan dengan baik, ditandai dengan penerapan asesmen diagnostik, kreatifasi, dan eksplorasi. Meskipun pemahaman guru masih bervariasi dan penyusunan perangkat ajar sempat menjadi kendala, madrasah menunjukkan komitmen positif dalam pelaksanaannya. Kurikulum ini berdampak pada perkembangan kognitif siswa, seperti meningkatnya kemampuan berpikir kritis, kreativitas, pemecahan masalah, serta pengambilan keputusan melalui pendekatan pembelajaran yang fleksibel dan berbasis proyek.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMAPANYOMPPA, MAPANYOMPPAnidn0819098301
Thesis advisorMARDIYAH, HAYATInidn0802096701
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum merdeka belajar, perkembangan kognitif siswa, MI Nurul Qur’an Pagutan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Diva Ananda Prambayuda Kusuma
Date Deposited: 08 Sep 2025 03:17
Last Modified: 08 Sep 2025 03:17
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12530

Actions (login required)

View Item View Item