PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMBELAJARAN EKOSISTEM DAN HARMONI IPAS SD BERBASIS QUIZIZ UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA KELAS 5 DI SDN 38 MATARAM

AURA, FANESSAH (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES PEMBELAJARAN EKOSISTEM DAN HARMONI IPAS SD BERBASIS QUIZIZ UNTUK MENGUKUR PEMAHAMAN KOGNITIF SISWA KELAS 5 DI SDN 38 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes pembelajaran berbasis Quiziz untuk mengukur pemahaman kognitif siswa kelas V sekolah dasar yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu Reseach and Development R&D dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg And Gall. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket validasi, lembar angket respon siswa, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, dan instrumen soal pretest-postest. Peneliti menggunakan siswa kelas tinggi yaitu kelas V yang dimana jumlah siswa yang digunakan di kelas VA untuk menguji kepraktisan produk berjumlah 10 siswa sementara di kelas VB untuk menguji kepraktisan pretest-postest berjumlah 25 siswa, dan teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan instrument tes pembelajaran berbasis Quiziz rata – rata dari validator ahli materi dengan presentase 95% dengan kategori sangat valid, dan nilai rata – rata validator ahli media dengan presentase 94% dengan kategori sangat valid. Hasil angket respon siswa pada uji coba terbatas SD Negeri 38 Mataram dengan presentase 88,41% (praktis). Hasil uji coba lapangan operasional dengan nilai pretest 48,09%, rata – rata nilai 86,04% dan nilai N-Gain 0,71 dengan kategori tinggi. Selain keefektifan instrument tes berbasis Quiziz dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan yang diperoleh adalah 93,2% pada kategori sangat terlaksana.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNANANG, RAHMANnidn0824038702
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0825059102
Uncontrolled Keywords: Instrumen tes, Aplikasi Quiziz, Pemahaman kognitif siswa
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 375 Kurikulum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Aura Fanessah
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:24
Last Modified: 01 Sep 2025 03:24
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12377

Actions (login required)

View Item View Item