VIVI, HARDIANTI (2025) ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DENGAN KONTEN PELAJARAN PPKn PADA KURIKULUM MERDEKA DI MTS NW SUWANGI. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan adalah kunci dalam mencapai tujuan Indonesia menjadi negara emas pada tahun 2045.kurikulum indonesia mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir dengan kurikulum 13. Kurikulum merdeka sekarang secara bertahap diterapkan. Penerapan P5 sangat tergantung pada kesiapan guru. banyak guru, terutama di MTS NW SUWANGI, masih kesulitan memahami dan menerapkan kurikulum merdeka dan P5 dalam pelajaran PPKn. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat seberapa siap guru untuk melaksanakan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan konten pelajaran PPKn di kurikulum merdeka, serta kendala dan tantangan yang dihadapi guru dalam melaksanaakan P5 di MTS NW SUWANGI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa yang terlibat dalam P5. Metode analisis data meliputi pengurangan data, penyampaian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: 1 Kesiapan pendidik untuk pelaksanaan projek penguatan profil pelajar pancasila dengan konten pelajaran PPKn pada kurikulum merdeka Secara keseluruhan, kesiapan pendidik dalam pelaksanaan projek kegiatan pelajar pancasila (P5) masih dalam tahap perkembangan atau masih beradaptasi dengan kurikululm merdeka yang baru diterapkan serta konsep dan tujuan P5 yang belum sepenuhnya di pahami, namun dengan adanya dukungan dan dorongan dari sekolah serta kemauan belajar dan usaha dari guru-guru kegiatan P5 tetap dilaksanakan semaksimal mungkin. 2 Kendala dan tantangan guru dalam pelaksanaan P5 yaitu ada pada pemahaman mereka terkait kurikulum merdeka dan P5 yang belum optimal karna baru menerapkan kurikulum merdeka, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung, waktu pelaksanaan yang terbatas, keterbatasan guru dalam perencanaan dan mengimplementasikan, guru merasa kesulitan dalamm merancag modul projek yang sesuai tema, membuat asesmen sutentik, dan menentukan indikator keberhasilan projek, dan tantangan yang dihadapi guru juga ada pada latar belakang dan keragaman karakter minat belajar siswa yang berbeda-beda. Meskipun menghadapi berbagai kendala pihak sekolah menunjukkan komitmen yang kuat terhadap pelaksanaan P5 yang sejalan dengan nilai-nilai pancasila.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Projek penguatan profil pelajar pancasila (P5), PPKn | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 800 Kesusastraan > 807 Pendidikan, penelitian |
|||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Vivi Hardianti | |||||||||
Date Deposited: | 02 Sep 2025 01:14 | |||||||||
Last Modified: | 02 Sep 2025 01:14 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12289 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |