MUHAMMAD, RUSLAN EFENDI (2025) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCSILA TERHADAP KETERAMPILAN DAN KARAKTER SISWA DI SMPN 11 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER- DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Implementasi P5 dalam upaya meningkatkan keterampilan dan karakter siswa di SMPN 11 Mataram. Dan menganalisis dampak Implementasi P5 terhadap keterampilan dan karakter siswa di SMPN 11 Mataram. P5 merupakan representasi ideal siswa dalam KURMER (Kurikulum Merdeka), yang mencakup enam aspek utama: beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan global, bergotongroyong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dalam P5, seperti bergotongroyong, mandiri, kreatif, bernalar kritis, berkebinekaan global, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, telah diintegrasikan dalam pembelajaran intrakurikuler, kegiatan Projek Penguatan P5 (P5), dan budaya sekolah. Implementasi ini berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan siswa, terutama dalam hal berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kemandirian. Selain itu, karakter siswa juga mengalami perkembangan yang signifikan, seperti meningkatnya sikap tanggung jawab, toleransi, kejujuran, dan kepedulian sosial. Dengan demikian, Implementasi P5 terbukti efektif dalam membentuk generasi pelajar yang kompeten dan berkarakter sesuai dengan nilai Pancasila.Implementasi P5 berdampak positif terhadap pengembangan keterampilan siswa, khususnya dalam hal berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan kemandirian. Sementara itu, dalam aspek karakter, siswa menunjukkan peningkatan sikap tanggung jawab, kedisiplinan, toleransi, kejujuran, dan kepedulian sosial. Nilai tersebut ditanamkan secara terintegrasi melalui pembelajaran intrakurikuler, kegiatan proyek, dan budaya sekolah yang mendukung.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | P5, keterampilan, karakter, P5, SMPN 11 Mataram | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muh. Ruslan Efendi | |||||||||
Date Deposited: | 29 Aug 2025 06:35 | |||||||||
Last Modified: | 29 Aug 2025 06:35 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12244 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |