IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCSILA TERHADAP KETERAMPILAN DAN KARAKTER SISWA DI SMPN 11 MATARAM

MUHAMMAD, RUSLAN EFENDI (2025) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCSILA TERHADAP KETERAMPILAN DAN KARAKTER SISWA DI SMPN 11 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Implementasi P5 dalam upaya meningkatkan keterampilan dan karakter siswa di SMPN 11 Mataram. Dan menganalisis dampak Implementasi P5 terhadap keterampilan dan karakter siswa di SMPN 11 Mataram. P5 merupakan representasi ideal siswa dalam KURMER (Kurikulum Merdeka), yang mencakup enam aspek utama: beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berkebinekaan global, bergotongroyong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Metode Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai dalam P5, seperti bergotongroyong, mandiri, kreatif, bernalar kritis, berkebinekaan global, serta beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, telah diintegrasikan dalam pembelajaran intrakurikuler, kegiatan Projek Penguatan P5 (P5), dan budaya sekolah. Implementasi ini berdampak positif terhadap peningkatan keterampilan siswa, terutama dalam hal berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, dan kemandirian. Selain itu, karakter siswa juga mengalami perkembangan yang signifikan, seperti meningkatnya sikap tanggung jawab, toleransi, kejujuran, dan kepedulian sosial. Dengan demikian, Implementasi P5 terbukti efektif dalam membentuk generasi pelajar yang kompeten dan berkarakter sesuai dengan nilai Pancasila.Implementasi P5 berdampak positif terhadap pengembangan keterampilan siswa, khususnya dalam hal berpikir kritis, kolaborasi, komunikasi, kreativitas, dan kemandirian. Sementara itu, dalam aspek karakter, siswa menunjukkan peningkatan sikap tanggung jawab, kedisiplinan, toleransi, kejujuran, dan kepedulian sosial. Nilai tersebut ditanamkan secara terintegrasi melalui pembelajaran intrakurikuler, kegiatan proyek, dan budaya sekolah yang mendukung.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorHAFSAH, HAFSAHnip196906052007012037
Thesis advisorALIAHARDI, WINATAnidn0814098601
Uncontrolled Keywords: P5, keterampilan, karakter, P5, SMPN 11 Mataram
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Muh. Ruslan Efendi
Date Deposited: 29 Aug 2025 06:35
Last Modified: 29 Aug 2025 06:35
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12244

Actions (login required)

View Item View Item