PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN QIRAAH SISWA SDIT AL-FAJAR ACADEMY MATARAM TAHUN PELAJARAN 2024-2025

TIARA, TIARA (2025) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAHIRAN QIRAAH SISWA SDIT AL-FAJAR ACADEMY MATARAM TAHUN PELAJARAN 2024-2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) untuk meningkatkan Kemampuan membaca Bahasa Arab siswa SDIT Al-Fajar Academy Mataram. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi ekperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Model pembelajaran NHT dalam meningkatkan Kemampuan membaca Bahasa Arab siswa adalah efektif. ditunjukkan dengan ditolaknya Ho dan diterimanya Ha karena nilai t hitung sebesar 2,721 lebih besar dari t tabel sebesar 2,016 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini disebabkan karena model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran membaca bahasa Arab sehingga mereka memiliki kemampuan membaca teks Arab dengan benar. Dan peningkatan Kemampuan membaca Bahasa Arab siswa adalah signifikan, di mana nilai hasil N-Gain Score di kelas eksperimen mencapai 50,75 yang termasuk dalam kategori sedang (efektif), sedangkan kelas kontrol hanya mencapai 9,03 yang termasuk dalam kategori rendah (tidak efektif). Hal ini disebabkan karena model NHT mendorong siswa untuk aktif berpikir dan berpartisipasi karena setiap individu memiliki tanggung jawab untuk memahami materi sebelum menyampaikan hasil diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNASARUDIN, NASARUDINnidn0831127714
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, kemahiran qiraah
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
200 Agama > 2X1 Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
200 Agama > 2X2 Al-Hadits dan yang Berkaitan
200 Agama > 297 Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Tiara Tiara
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:26
Last Modified: 19 Aug 2025 06:26
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11779

Actions (login required)

View Item View Item