PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM PEDIDIKAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MATARAM TAHUN PELAJARAN 2024/2025

SUMAYA, AZZAHRA (2025) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM SISTEM PEDIDIKAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) MATARAM TAHUN PELAJARAN 2024/2025. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Similarity Check.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pembelajaran Bahasa Arab dalam sistem pendidikan terpadu di SDIT Al-Fajar Academy Tahun Pelajaran 2024/2025 dan untuk mengetahui karakteristik pembelajaran Bahasa Arab dalam sistem pendidikan terpadu di SDIT Al-Imam Asy-Syafi’i Mataram Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif multisitus dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran Bahasa Arab di SDIT Al-Fajar Academy dirancang secara sistematis melalui penyusunan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan modul ajar yang disusun secara mandiri oleh guru. Modul tersebut mencakup tujuan, indikator, materi pokok, aktivitas pembelajaran, serta asesmen formatif dan sumatif. Pada pelaksanaannya, pembelajaran menggunakan metode bervariasi seperti ceramah, demonstrasi, role play, dan project-based learning, serta didukung penggunaan media digital. Penilaian dilakukan secara menyeluruh melalui praasesmen, asesmen formatif, dan sumatif yang juga memperhatikan aspek sikap dan proses belajar siswa. Sementara itu, SDIT Al-Imam Asy-Syafi’i belum memiliki perangkat perencanaan seperti ATP dan modul ajar internal, dan pelaksanaan pembelajaran lebih menekankan pada metode kontekstual dan hafalan. Penilaian dilakukan secara tradisional melalui tugas, hafalan, dan ulangan tertulis tanpa adanya praasesmen yang sistematis. Perbedaan utama kedua sekolah terletak pada kelengkapan perangkat ajar, variasi metode pembelajaran, serta strategi penilaian yang digunakan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNASARUDIN, NASARUDINnidn0831127714
Thesis advisorHUSNAN, HUSNANnidn0807048002
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Sistem Pendidikan Terpadu, SDIT Al-Fajar Academy, SDIT Al-Imam Asy-Syafi’i
Subjects: 200 Agama > 207.5 Pendidikan Keagamaan, Pendidikan Agama
200 Agama > 2X1 Al-qur'an dan Ilmu yang Berkaitan
200 Agama > 2X2 Al-Hadits dan yang Berkaitan
200 Agama > 297 Islam
200 Agama > 2X0 Islam Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Bahasa Arab > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Sumaya Azzahra
Date Deposited: 19 Aug 2025 06:23
Last Modified: 19 Aug 2025 06:23
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11777

Actions (login required)

View Item View Item