SITI, JEHORA (2025) METODE DRILL DALAM UPAYA PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL DAN MENULIS HURUF PADA SISWA KELAS RENDAH DI MI AL- MADANIYAH JEMPONG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas rendah di MI Al-Madaniyah Jempong dalam mengenal dan menulis huruf, yang berdampak pada keterlambatan penguasaan keterampilan literasi dasar. Masalah ini mencakup ketidakmampuan dalam membedakan bentuk huruf, menyebutkan nama dan bunyi huruf, serta menuliskannya dengan ukuran dan arah yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diterapkan metode drill sebagai pendekatan pembelajaran berbasis latihan berulang untuk meningkatkan keterampilan siswa secara bertahap dan sistematis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode drill dalam pembelajaran mengenal dan menulis huruf, serta mengetahui sejauh mana efektivitas metode tersebut dalam meningkatkan kemampuan literasi siswa kelas rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap guru, siswa kelas 2, serta orang tua di MI Al-Madaniyah Jempong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill secara konsisten dan bervariasi terbukti mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenali bentuk dan bunyi huruf serta menuliskannya dengan lebih tepat dan rapi. Peningkatan ini juga didukung oleh keterlibatan aktif guru dalam bimbingan individual dan evaluasi, serta peran orang tua dalam mendampingi anak berlatih di rumah. Dengan demikian, metode drill efektif digunakan sebagai strategi dalam pembelajaran literasi permulaan di kelas rendah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode drill, kemampuan mengenal huruf, menulis huruf, siswa kelas rendah. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Siti Jehora | |||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:38 | |||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:38 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11716 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |