IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMANBELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NW JOHAR PELITA DESA JATISELA KECAMATAN TAHUN AJARAN 2019

Neti, Suryaningsih (2019) IMPLEMENTASI METODE INDEX CARD MATCH DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMANBELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN FIQIH DI MI NW JOHAR PELITA DESA JATISELA KECAMATAN TAHUN AJARAN 2019. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BB V-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, guru mata pelajaran Fiqih kelas IV MI NW Johar Pelita menggunakan metode yang berpusat pada guru. Kegiatan yang dilakukan guru menjelaskan materi dan memberikan latihan. Guru menjelaskan materi kemudian siswa mencatat materi dan menjawab soal. Berdasarkan nilai sebelum melakukan siklus dari 22 siswa yang tuntas ada 4 orang dengan persentase 18,18% dan yang tidak tuntas ada 18 orang siswa dengan persentase 81,81%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pemahaman belajar siswa masih rendah. Salah satu pemecahan masalah yang digunakan oleh peneliti adalah menerapkan metode Index Card Match yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar siswa melalui metode Index Card Match. Dan penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dirancang dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa analisis kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih meningkat setelah diterapkannya metode Index Card Match. Sebelum siklus dilakukan, siswa yang tuntas ada 4 orang dan yang tidak tuntas ada 18 orang siswa. Pada siklus I, dari 22 siswa yang tuntas ada 10 orang dengan persentase 45,45% dan yang tidak tuntas ada 12 orang dengan persentase 54,54%. Pada siklus ini terjadi peningkatan walaupun belum maksimal. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan, dari 22 siswa yang tuntas ada 19 orang dengan persentase 83,36% dan yang tidak tuntas ada 3 orang siswa dengan persentase 13,63% Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Index Card Match dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran Fiqih di MI NW Johar Pelita. Kata kunci : Metode Index Card Match

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerAqodiah, AqodiahUNSPECIFIED
ReviewerMuhammad, Musfiatul WardiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 200 Agama > 2X4 Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 30 Nov 2019 01:30
Last Modified: 30 Nov 2019 01:30
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item