ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN SOSIALISASI MEMBAYAR PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat, Kota Mataram)

SRI, ARFANI (2020) ANALISIS PENGARUH MOTIVASI DAN SOSIALISASI MEMBAYAR PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI (Studi Pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat, Kota Mataram). undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM.

[img] Text
BAB I SAMPE 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V UPT.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Analisis Pengaruh Motivasi dan Sosialisasi Membayar Pajak terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Barat, Kota Mataram) Sri Arfani NIM 216120114 Pembimbing utama : Dr. H. Ibrahim Abdullah, M.M Pembimbing Pendamping : Selva.S.E.M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi dan sosialisasi dalam membayar pajak orang pribadi di Kota Mataram. Metode yang digunakan penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan membandingkan data setelah melakukan kegiatan motivasi dan sosialisasi dengan data sebelum melakukan motivasi dan sosialisasi. Hasil wawancara dengan pihak kantor menunjukkan bahwa motivasi dan sosialisasi yang dilakukan berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, dan intinya wajib pajak paham tentang prosedur perpajakan dan mengerti kewajibannya sebagai wajib pajak. Motivasi dan sosialisasi bagi wajib pajak orang pribadi sangat penting. Akan tetapi Wajib Pajak juga perlu memiliki kesadaran dari dalam diri sendiri akan kewajibannya, yang denganitu Wajib Pajak tidak pernah telat dalam membayar kewajibannya sebagai wajib pajak. Motivasi dan sosialisasi berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak akan tetapi tidak terlalu berpengaruh kalau sosialisasi hanya dilakukan di tempat pendidikan seperti sekolah dan kampus. Kata kunci: Motivasi, Sosialisasi, Kepatuhan Wajib Pajak.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Sosialisasi, Kepatuhan Wajib Pajak.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 321 Sistem Pemerintahan & Negara
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Bisnis
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 13 Mar 2020 01:51
Last Modified: 13 Mar 2020 01:51
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item