ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD DI KECAMATAN NARMADA

IRA SENTIA, IRA SENTIA (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD DI KECAMATAN NARMADA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SKRIPSI IRASENTIA BAB 1-3.,.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI IRASENTIA BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (426kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI IRASENTIA BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text (Similarity Check)
PLAGIARISME SKRIPSI IRASENTIA .docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (886kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tiga hal, yaitu implementasi kurikulum merdeka terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pemeblajaran IPAS, kendala dalam implementasi kurikulum merdeka, serta solusi untuk mengatasi kendala dalam implementasi kurikulum merdeka. Penelitian ini dilakukan di lima sekolah dasar yang ada di Kecamatan Narmada terdiri SDN 1 Keru, SDN 2 Keru, SDN 1 Sedau, SDN 2 Sedau dan SDN 3 Sedau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisi data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka terhadap kemampuan kognitif siswa dalam pembelajaram IPAS kelas IV meliputi (1) Mengikuti pelatihan (2) menyiapkan administrasi (3) menyusun modul ajar (4) menyiapkan KOSP (kurikulum oprasional satuan pendidikan). Disimpulkan bahwa dari kelima sekolah di Kecamatan Narmada mengimplementasikan kurikulum merdeka sudah menerapkan dengan baik akan tetapi masih ditemukan siswa maupun guru belum sepenuhnya paham dan siap untuk menggunakan kurikulum merdeka. Solusi dalam mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengadakan pelatihan intensif bagi guru dan mengajarkan siswa untuk belajar dan berpikir secara kritis guna mengasah kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYA, MUHARDINInidn0823078802
Thesis advisorNURSINA, SARInidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum merdeka, kemampuan kognitif siswa, pembelajaran IPAS
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ira Setia
Date Deposited: 19 Mar 2024 02:10
Last Modified: 19 Mar 2024 02:10
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8774

Actions (login required)

View Item View Item