PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERKARAKTER KOMIK EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA SDN 03 HU’U

NURUL, FITRI (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERKARAKTER KOMIK EDUKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAGI SISWA SDN 03 HU’U. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III(1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (883kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)
[img] Text (similarity check)
SKRIPSI FIX NURUL ACC - Copy.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan observasi dan tanya jawab pada guru kelas, ditemukan masalah antara lain adalah rendahnya kemampuan membaca siswa terutama pada kemampuan membaca pemahaman literal sehingga materi atau pembelajaran yang di sampaikan oleh guru sulit untuk di pahami . Selain itu dalam proses pembelajaran sumber belajar dan penggunaan bahan ajar yang digunakan dalam bentuk buku dominan teks. Hal ini terjadi karena kurangnya kreatifitas dalam mencari atau membuat bahan ajar yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan bahan ajar berkarakter komik edukatif . Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop, Desseminate). Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukan pengembangan bahan ajar berkarakter komik edukatif untuk meningkatkan kemamupuan membaca pemahaman rata-rata dari validator bahan ajar dengan presentase 81,25% dengan kategori sangat valid, dan nilai rata-rata validator ahli materi dengan presentase 81,25% kategori sangat valid. Hasil angket respond siswa pada uji coba kelompok kecil SD Negeri 03 Hu’u dengan presentase 85,9% (sangat praktis). Hasil uji coba lapangan dengan nilai N-Gain yang diperoleh 0,7003% pada kategori tinggi. Selain keefektifan bahan ajar berkarakter komik edukatif dapat dilihat dari keterlaksanaan pembelajaran yang diamati dari lembar observasi keterlaksanaan yang diperoleh adalah 82,5% pada kategori sangat terlaksana. Dengan demikian bahan ajar berkarakter komik edukatif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dapat dikatakan layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorBaiq, Desi Milandarinidn0808128901
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bahan Ajar Berkarakter Komik Edukatif, Membaca Pemahaman
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nurul Fitri
Date Deposited: 18 Mar 2024 08:14
Last Modified: 18 Mar 2024 08:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8754

Actions (login required)

View Item View Item