PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS V DI SD NEGERI 27 MATARAM

ITA, PURNAMASARI (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) KELAS V DI SD NEGERI 27 MATARAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (Similarity Check)
Salin3-SKRIPSI ITHA CANTIK-1.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (857kB) | Request a copy

Abstract

Pengaruh metode pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh metode pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V pada mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD Negeri 27 Mataram. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakann adalah Quasi Experiment Design Tipe Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 27 Mataram. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa SD Negeri 27 Mataram yang berjumlah 195 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Teknik sampling jenuh dimana anggota populasi dijadikan sampel sebanyak 36 siswa, dengan jumlah sampel kelas eksperimen 19 siswa dan sampel kelas kontrol 17 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasrkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa hasil rata-rata pre-test pada kelas eksperimen sebesar 61,94 setelah diberikan perlakuan menggunakan metode pembelajaran debat aktif rata-rata post-test kelas eksperimen mengalami peningkatan menjadi 83,26. Sedangkan nilai rata-rata pre-test kelas kontrol sebesar 55,47 dan nilai rata-rata post-test kelas kontrol mengalami peningkatan menjadi 66,82. maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya metode pembelajaran debat aktif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V atau dapat dikatakan metode pembelajaran debat aktif berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas V pada mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SD Negeri 27 Mataram.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorSINTAYANA, MUHARDINInidn0810018901
Thesis advisorARPAN, ISLAMI BILALnidn0806068101
Uncontrolled Keywords: Metode debat aktif, kemampuan berbicara siswa, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Ita Purnamasari
Date Deposited: 18 Mar 2024 03:14
Last Modified: 18 Mar 2024 03:14
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/8729

Actions (login required)

View Item View Item